Obat Flu Apa yang Aman untuk Ibu Hamil?

Obat Flu Apa yang Aman untuk Ibu Hamil?

Suara.com - Tanya:

Selamat sore Dokter,
Dok, obat flu untuk ibu hamil apa ya? Gejala yang saya rasa seperti pegal pegal, batuk, pilek dan mata terasa perih. Napas pun terasa panas. Mohon sarannya. Terima kasih, Dok.

PJ

Jawab:

Selamat sore Ibu PJ,
Daya tahan tubuh pada ibu hamil sedikit lebih lemah sehingga lebih rentan terkena flu. Gejala flu pada ibu hamil serupa dengan orang lain pada umumnya, yaitu batuk, sakit tenggorokan, pilek dan demam tinggi.

Konsumsi obat-obatan pada ibu hamil memang lebih selektif karena tidak semua obat-obatan aman bagi ibu dan janin. Untuk meredakan rasa sakit dan demam, Anda dapat mengonsumsi parasetamol, jenis obat pseudoephedrine untuk membantu meredakan hidung tersumbat, namun lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai konsumsi obat-obatan pada masa kehamilan termasuk antiobiotik.

Selain itu disarankan meminum banyak cairan seperti air putih atau jus, mengonsumsi permen pelega tenggorokan dan banyak beristirahat. Untuk meredakan hidung tersumbat, letakkan mesin pelembap udara di dalam ruangan.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba mandi dengan air hangat. Kemudian untuk meringankan batuk atau sakit tenggorokan minumlah air hangat.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga membantu. Terima kasih.

Dijawab oleh: dr. Siska Rahmita Sari
Sumber: https://meetdoctor.com

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Obat Flu Apa yang Aman untuk Ibu Hamil?"

Posting Komentar