Inilah Penemuan Penting di Australia Tahun 2017

Inilah Penemuan Penting di Australia Tahun 2017

Penghargaan bergengsi bagi penemuan ilmiah di Australia Eureka Awards 2017, dimenangkan oleh penemuan seperti laser dari berlian hingga material pembunuh bakteri yang terinspirasi sayap serangga.

Dari total 45 finalis, hanya 15 penemuan yang terseleksi dan dinobatkan sebagai pemenang penghargaan Australian Museum Eureka Prize.

Masing-masing pemenang berbagi hadiah uang sebesar 150.000 atau setara Rp1,5 miliar yang diumumkan di Sydney Town Hall pada Rabu (30/9.2017) malam.

Penghargaan untuk kategori Penggunaan Teknologi Inovatif diraih oleh penelitian di University of Melbourne yang menemukan cara memproduksi oksigen kelas medis secara murah tanpa menggunakan listrik. Penemuan ini memudahkan untuk menyelamatkan nyawa bayi baru lahir yang menderita asfiksia lahir atau infeksi paru-paru.

Associate Professor Richard Mildren

Associate Professor Richard Mildren dari Macquarie University peraih penghargaan Eureka Prize untuk kategori Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pertahanan.

Sementara itu, Associate Professor Richard Mildren dari Macquarie University meraih penghargaan untuk kategori Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pertahanan. Karyanya memanfaatkan berlian untuk memperluas jangkauan dan kekuatan sinar laser, yang suatu hari nanti dapat membantu menjatuhkan drone dan rudal.

Para ilmuwan pemula dengan yang paling muda tercatat masih duduk di kelas 4 Sekolah dasar juga turut menerima penghargaan ini dalam beberapa kategori. Misalnya seorang siswa asal Sydney, Caitlyn Walker dan Amelia Lai memenangkan Eureka Prize untuk film pendek yang menjelaskan bagaimana penguin di Antartika tetap hangat.

Direktur Museum Australia Kim McKay AO mengatakan bahwa penghargaan ini mewakili sains terbaik di Australia.

"Pemenang penghargaan Australian Museum Eureka Prize berhasil membantu mengatasi beberapa tantangan terbesar yang dihadapi umat manusia dan planet ini," katanya.

Berikut beberapa pendatang utama yang meraih penghargaan Eureka Prize 2017:

Sensor pintar untuk paparan sinar matahari

Sensor sinar matahari

sensor berbentuk stiker ini akan memudar warnanya menjadi putih jika anda sudah terpapar sinar matahari terlalu banyak.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Penemuan Penting di Australia Tahun 2017"

Posting Komentar