84 Warga Sipil di Suriah Tewas Akibat Serangan Udara Pimpinan AS

84 Warga Sipil di Suriah Tewas Akibat Serangan Udara Pimpinan AS

Suara.com - Serangan udara pimpinan AS terhadap kelompok ISIS di Ar-Raqqah, Suriah, pada Maret lalu menewaskan sedikitnya 84 warga sipil, termasuk puluhan anak kecil, kata Human Rights Watch (HRW) Senin (25/9/2017).

Organisasi tersebut mengatakan serangan udara itu menghantam dua lokasi: satu gedung sekolah yang menampung pengungsi dan satu pasar serta pabrik roti di Kota Kecil Tabqa.

Saksi mata, kata HRW, mengakui bahwa petempur ISIS telah ada di kedua tempat tersebut. Nahasnya, warga sipil juga ada di sana.

"Serangan ini menewaskan puluhan warga sipil, termasuk anak kecil, yang telah berlindung di satu gedung sekolah atau sedang berbaris untuk membeli roti di satu pabrik roti," kata Wakil Direktur Darurat HRW Oleh Solvang, sebagaimana dikutip Xinhua yang dipantau Antara. 

HRW menyatakan serangan pertama dilancarkan pada 20 Maret dan menewaskan tak kurang dari 40 orang termasuk 16 anak kecil di Sekolah Badia di Mansourah. Sementara serangan kedua dilancarkan pada 22 Maret dan menewaskan sedikitnya 44 orang termasuk 14 anak kecil di pabrik roti dan Pasar Tabqa.

Koalisi pimpinan AS telah melancarkan serangan udara untuk mendukung operasi anti-IS di Suriah sejak September 2014, setelah memperluas kegiatannya di negara tetangga Suriah, Irak.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "84 Warga Sipil di Suriah Tewas Akibat Serangan Udara Pimpinan AS"

Posting Komentar