Begini Cara Lain untuk Anda Tumbuhkan Rambut

Begini Cara Lain untuk Anda Tumbuhkan Rambut

Suara.com - Para ilmuwan telah menemukan cara baru mengaktifkan sel induk folikel pada rambut, agar pertumbuhan rambut lebih baik. Mereka mengungkapkan, potensi terapi sel induk dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, dan membuatnya tetap sehat. 

Sel induk folikel rambut merupakan sel berumur panjang yang ada pada kulit kepala, dan menghasilkan rambut sepanjang seseorang hidup. Folikel biasanya "tertidur", yang berarti tidak aktif. Namun, mereka biasanya "terbangun" selama siklus  pertumbuhan rambut baru terjadi.

Sikap sel induk folikel rambut diatur banyak faktor. Dalam kasus tertentu, mereka gagal dibangunkan, dan itulah yang menyebabkan rambut seseorang menjadi rontok.

Periset dari University of California, Los Angeles di AS, menemukan metabolisme sel induk rambut folikel berbeda dengan sel kulit lainnya.

Metabolisme seluler melibatkan pemecahan nutrisi yang dibutuhkan agar sel bisa membelah, memberi energi dan merespons lingkungannya. Proses metabolisme menggunakan enzim yang mengubah nutrisi ini kemudian menghasilkan "metabolit."

Sebagai sel induk, folikel rambut mengonsumsi nutrisi glukosa, suatu bentuk gula dari aliran darah yang memproses glukosa untuk akhirnya menghasilkan metabolit yang disebut piruvat.

Sel kemudian bisa mengirim piruvat ke mitokondria, bagian dari sel yang menciptakan energi atau dapat mengubah piruvat menjadi metabolit lain yang disebut laktat.

"Pengamatan kami tentang metabolisme sel induk rambut folikel mendorong kita untuk memeriksa apakah secara genetis mengurangi masuknya piruvat ke dalam mitokondria akan memaksa sel induk folikel rambut untuk membuat lebih banyak laktat, dan apakah itu akan mengaktifkan sel, dan menumbuhkan rambut lebih cepat," kata Heather Christofk, seorang profesor di UCLA.

Tim peneliti pertama-tama memblokir produksi laktat secara genetis pada tikus, dan menunjukkan bahwa aktivasi sel induk batang rambut. Sebaliknya, mereka meningkatkan produksi laktat secara genetis pada tikus dan aktivasi sel induk rambut yang dipercepat ini berhasil meningkatkan siklus rambut.

"Sebelum ini, tidak ada yang tahu bahwa meningkatkan atau menurunkan laktat akan berpengaruh pada sel induk folikel rambut," ungkap William Lowry, seorang profesor di UCLA.

"Begitu kita melihat bagaimana mengubah produksi laktat pada tikus mempengaruhi pertumbuhan rambut, hal itu mendorong kita untuk mencari obat potensial yang bisa diaplikasikan pada kulit dan memiliki efek yang sama," sambungnya.

Tim peneliti mengidentifikasi dua obat yang bila diterapkan pada kulit tikus, mempengaruhi sel induk folikel rambut dengan cara yang berbeda untuk mempromosikan produksi laktat.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Cara Lain untuk Anda Tumbuhkan Rambut"

Posting Komentar