Ribuan ATM Bank Mandiri Rusak, Ternyata Ini Penyebabnya

Ribuan ATM Bank Mandiri Rusak, Ternyata Ini Penyebabnya

Suara.com - Perusahaan Telekomunikasi Telkom mengalami gangguan pada satelit Telkom 1. Gangguan tersebut berdampak pada layanan perbankan di Indonesia, termasuk Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Mandiri yang menggunakan satelit Telkom 1.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan sekitar 2.000 ATM Bank Mandiri yang mengalami gangguan.

"Dan Bank Mandiri adalah salah satu pengguna satelitnya untuk ATM. Mandiri memiliki 17 ATM kurang lebih dari 17 ribu, yang menggunakan (satelit) Telkom sekitar 2000 ATM," ujar Rohan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (26/8/2017) malam.

Rohan menuturkan, wilayah-wilayah atm yang terkena gangguan satelit Telkom 1 umumnya daerah luar. Pasalnya daerah luar menggunakan parabola VSAT. Sementara kota-kota besar menggunakan jaringan GSM.

"Yang gunakan Telkom 1, ATM, nih ceritanya seperti disini ( Lombok) ya parabolanya VSAT yang terkena. Rata-rata yang pakai VSAT yang di daerah agak luar. Kalau kota besar itu pakai jaringan GSM," kata dia.

Tak hanya itu, Rohan menuturkan hingga kini pihaknya belum menerima komplain dari masyarakat adanya gangguan satelit Telkom 1.

"Mungkin letaknya di daerah yang lebih luar, transaksinya tidak banyak, hari libur, terus satu lagi penggunaan mobile banking sudah jauh lebih maju sekarang ini di banding ATM, jadi sejauh ini kita belum ada komplain," ucap Rohan

Lebih lanjut, Rohan mengatakan Bank Mandiri terus melakukan koordinasi untuk memulihkan kembali sambungan Telkom 1.

"Sudah (koordinasi), mereka karena juga bukan karena di luar kekuasaan Telkom. Yang kami dengar, karena itu terkait dengan posisi satelit di angkasa luar, jadi harus pemilik untuk apa gitu. Sangat teknikal sekali. Mereka nanti akan kabari," ucap Rohan.

Ia pun menambahkan, untuk mengatasi hal tersebut pihaknya berkoordinasi dengan Telkom untuk me mindahkan jaringan ke jaringan GSM.

"(Antisipasi) Menswich ke GSM. Sambungan GSM. Jadi karena di area luar, yang jumlah transkasinya relatif kecil kemungkinan besar tidak ganggu. Secepatnya (pulih), tapi, kita juga antisipasi tadi switching ke GSM," tandasnya.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ribuan ATM Bank Mandiri Rusak, Ternyata Ini Penyebabnya"

Posting Komentar