Pertamina Targetkan Pembangunan Pipa Gas Gresik-Semarang Selesai Tahun 2018

Pertamina Targetkan Pembangunan Pipa Gas Gresik-Semarang Selesai Tahun 2018


Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) tengah menyelesaikan pembangunan proyek pipa transmisi di ruas Gresik-Semarang, Jawa Tengah sepanjang 267 kilometer.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Elia Massa Manik mengatakan, proyek dengan nilai investasi sekitar USD 515,7 juta ini dikembangkan anak usaha Pertamina, PT Pertamina Gas (Pertagas) dan ditargetkan selesai pertengahan 2018.

"Saat ini progress EPC sudah 85 persen, sehingga diperkirakan proyek ini akan on stream pada pertengahan tahun 2018," ungkap Massa melalui keterangan resminya, Senin (25/9/2017).

Target tersebut diyakini akan tercapai seiring dengan dilakukannya peletakan batu pertama (ground breaking) pengembangan gas Lapangan Jambaran Tiung Biru oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, pada Senin (25/9/2017).

Baca: Go-Mart Jualan Merchandise Klub Bola

Baca: Setya Novanto Cari Celah, Gunakan Yurisprudensi Mantan Dirjen Pajak

Pipa transmisi gas Gresik-Semarang berdiameter 28 inchi dan mampu mengalirkan gas hingga sebesar 500 juta kaki kubik per hari (million metric standar cubic feet per day/MMscfd).

Jaringan pipa Gresik-Semarang juga dilengkapi 19 future connection, sehingga bisa menyalurkan gas bagi industri di tujuh kabupaten/kota di sepanjang Jawa Tengah dan Jawa Timur yang terlewati pipa.

"Dengan demikian, pipa transmisi ini akan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat di koridor Jateng-Jatim," ungkap Massa.

Pipa transmisi Gresik-Semarang direncanakan mengalirkan gas bumi dari Lapangan Jambaran Tiung Biru, Jatim, yang dikembangkan anak perusahaan Pertamina lainnya, PT Pertamina EP Cepu (PEPC). 

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pertamina Targetkan Pembangunan Pipa Gas Gresik-Semarang Selesai Tahun 2018"

Posting Komentar