Setiap Selasa, Seluruh Masjid Jerman Buka Pintu untuk Nonmuslim

Setiap Selasa, Seluruh Masjid Jerman Buka Pintu untuk Nonmuslim

Suara.com - Seluruh masjid yang berada di Jerman membukakan pintu untuk seluruh umat nonmuslim setiap hari Selasa.

Dengan begitu, seperti diberitakan Anadolu Agency, umat nonmuslim Jerman bisa mendapat penjelasan mengenai mitos, desas-desus, maupun stereotipe tentang Islam yang selama ini cenderung negatif.

Kegiatan bertajuk “Open Mosque Day” tersebut diorganisasikan oleh Asosiasi Islam Jerman sejak tahun 1997. Sebanyak 900 masjid di seluruh Jerman mengikuti acara rutin tersebut.

Dr. Zekeriya Altug, pegiat Persatuan Turki-Islam untuk Urusan Agama (DITIB)â€"salah satu kelompok Muslim terbesar di Jermanâ€"mengatakan warga negeri itu semakin menunjukkan antusiasme tinggi terhadap acara tersebut.

“Sedikitnya 100 ribu warga nonmuslim selalu mendatangi masjid-masjid kami untuk melihat-lihat, berdialog, bertanya mengenai mitos-mitos, ataupun terorisme, setiap ‘Open Mosque Day’,” tutur Zekeriya ketika memandu Anadolu Agency dalam tur ke Masjid Utama Cologne, Selasa (3/10/2017).

Dengan membuka pintu-pintu masjid kepada publik, Zekeriya menuturkan umat Muslim Jerman ingin menunjukkan bahwa Islam di Jerman selalu beraktivitas secara transparan.

“Melalui kegiatan itu juga menunjukkan kami membuka pintu untuk dialog, dan kami juga bagian dari masyarakat,”

Ia mengakui, fenomena Islamopobia yang melanda Jerman dan banyak negara Eropa lainnya dikarenakan umat Muslim dan masjid-masjid terlalu tertutup untuk nonmuslim.

“Ketika publik sedikit mengetahui tentang sesuatu, maka mereka mulai waspada dan takut terhadap sesuatu itu. Selanjutnya, rasa takut itu bisa dieksploitasi oleh pihak-pihak yang berniat buruk. Dengan lebih transparan, menjalin dialog dan komunikasi bisa menjadi antidotenya,” jelasnya.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Setiap Selasa, Seluruh Masjid Jerman Buka Pintu untuk Nonmuslim"

Posting Komentar