Tumbuh Paling Pesat, Darmin akan Atur Ritel Modern

Tumbuh Paling Pesat, Darmin akan Atur Ritel Modern

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan tengah menyusun sebuah regulasi yang akan menata pertumbuhan ritel modern. Kondisi ini disebabkan pertumbuhan minimarket di Indonesia menjadi yang paling pesat.

Bahkan dalam radius 1 kilometer bisa dijumpai satu hingga dua minimarket, baik dengan merek sejenis maupun tidak. Imbasnya pasar tradisional seperti warung-warung kecil sulit untuk tumbuh.

“Memang dalam lima tahun terakhir ini pertumbuhan minimarket sangat cepat. Maka dari itu kami tengah menyusun aturan agar pertumbuhan minimarket ini tidak menggerus retail tradisional,” kata Darmin dalam diskusi di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Rabu (4/10/2017).

Namun, Darmin menegaskan bahwa aturan tersebut dibuat bukan untuk menghalangi ritel modern bertumbuh. Tetapi aturan ini dibuat agar ritel modern dengan retail tradisional bisa berjalan beriringan.

“Intinya, kita tetap menerima mereka berkembang dengan baik, tapi berkembangnya harus sama-sama dengan pemodal kecil yang punya gerai. Adalah aturan itu, itu perlu ada," katanya.

Sebagaimana diketahui, berkembangnya ritel modern seperti mini market dinilai akan mengancam eksistensi pasar tradisional di Indonesia. Untuk itu, sejumlah pihak meminta kepada pemerintah untuk menerbitkan aturan moratorium ritel modern.

Keberadaan mini market ataupun ritel modern sudah masuk pada tahap yang menghawatirkan. Ditambah lagi dengan dugaan banyaknya ritel modern yang menyalahi zonasi atau tidak mengantongi izin. 

Kekhawatiran semakin besar mengingat kini pasar modern sudah menjual sayur mayur, buah-buahan dan jenis komoditas lainnya yang biasa dijual di pasar tradisional. Bahkan ritel modern juga sudah menjual pulsa sekarang.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tumbuh Paling Pesat, Darmin akan Atur Ritel Modern"

Posting Komentar