UU Sistem Perbukuan Disahkan, Mendikbud Berharap Masyarakat Punya Budaya Literasi yang Baik

UU Sistem Perbukuan Disahkan, Mendikbud Berharap Masyarakat Punya Budaya Literasi yang Baik


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pada bulan Mei 2017 Presiden Joko Widodo resmi menandatangani dua undang-undang strategis dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.

Pertama, Undang-undang Nomor 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan yang diharapkan dapat mendorong literasi masyarakat.

Undang-undang tersebut diharapkan Mendikbud Muhadjir Effendy bisa menyadari masyarakat Indonesia akan pentingnya budaya literasi yang baik.

“Perlu disadari bahwa bangsa yang memiliki budaya literasi yang baik merupakan salah satu ciri bangsa yang cerdas, dan masyarakat mampu memaknai dan memanfaatkan informasi secara kritis untuk meningkatkan kualitas hidup. Pemenuhan pemilikan budaya literasi ini antara lain dapat didorong dan dikembangkan melalui ketersediaan buku yang bermutu, murah atau terjangkau, dan merata,” kata Mendikbud dalam pernyataan persnya, Rabu(16/8/2017).

Pada hari yang sama, Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan sebagai salah satu upaya memajukan kebudayaan nasional di tengah peradaban dunia agar dapat menjadi kekuatan untuk membangun masa depan juga resmi disahkan oleh Presiden.

“Kebudayaan telah menjadi akar dari pendidikan kita, oleh karena itu, undang-undang pemajuan kebudayaan menekankan pada pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan agar budaya Indonesia dapat tumbuh tangguh di tengah arus deras globalisasi,” ujar Mendikbud.

Menurut Mendikbud, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sebagai upaya melakukan revolusi karakter bangsa mendorong sinergi antara tripusat pendidikan menjadi sebuah ekosistem pendidikan.

Terdapat lima nilai karakter utama yang menjadi prioritas dalam gerakan PPK, diantaranya religius, nasionalis, integritas, mandiri serta gotong royong.

Melalui harmonisasi olah pikir, olah hati, olah rasa, serta olahraga dalam pendidikan nasional diharapkan dapat membantu generasi muda Indonesia menjawab tantangan abad ke-21 dan mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045.

Menurut Mendikbud, guru berperan penting dalam penguatan karakter.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UU Sistem Perbukuan Disahkan, Mendikbud Berharap Masyarakat Punya Budaya Literasi yang Baik"

Posting Komentar