Jusuf Kalla: Agama Bukan Akar Penyebab Konflik

Jusuf Kalla: Agama Bukan Akar Penyebab Konflik


TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK â€" Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menegaskan bahwa agama bukanlah penyebab terjadinya konflik.

Penegasan tersebut disampaikan Jusuf Kalla saat berbicara di hadapan sekitar 300 peserta World Leaders Forum di Columbia University, New York, Jumat (22/9/2017).

"Dari pengalaman langsung menangani proses rekonsiliasi dan perdamaian, saya pelajari bahwa agama bukan penyebab konflik, tapi ketidakadilan lah akar penyebabnya," kata JK.

JK menyampaikan makalah dengan judul Middle Path Islam for Harmony and Peace: The Indonesia Experience.

JK mengatakan memang agama dipakai untuk membenarkan dan memperkeruh konflik. Hal ini merupakan tantangan dalam suasana keberagaman seperti Indonesia.

Tapi dari pengalaman mengatasi berbagai konflik komunal seperti di Ambon dan Poso, ketidakpuasan dalam memandang keadilan adalah prima causa dari konflik tersebut.

Baca: Gunung Agung Berstatus Awas, Seluruh Warga pada Radius 12 Km Harus Mengungsi

Wapres JK juga menyinggung tentang kesalahan cara pandang yang mengasosiasikan Islam sebagai akar ekstrimisme dan terorisme.

Ditegaskan bahwa umat Muslim juga mengecam keras aksi-aksi teror seperti halnya umat lain di seluruh dunia.

"Terkadang kita lupa bahwa korban dari aksi terorisme juga adalah umat muslim, kita juga lupa bahwa para teoris yang mengklaim sedang berjihad adalah sebenarnya orang-orang yang tidak menjalankan ajaran agama Islam secara benar dalam kehidupan kesehariannya. Kita lupa bahwa mereka yang disebut umat Islam dan melakukan aksi teror jumlahnya sangat sedikit dibanding umat Islam yang cinta damai," kata JK.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jusuf Kalla: Agama Bukan Akar Penyebab Konflik"

Posting Komentar