Programmer Semakin Menjanjikan Refactory Pilih Yogyakarta Jadi Markas Kedua

Programmer Semakin Menjanjikan Refactory Pilih Yogyakarta Jadi Markas Kedua


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Semakin banyaknya permintaan profesi programmer dan coder membuat Refactory.id berencana membuka pusat pelatihan alias bootcamp kedua mereka di Yogyakarta.

Refactory.id sendiri menjangkarkan keberadaannya di Bandung sejak Januari 2017 sebagai bootcamp bagi mereka yang ingin menjadi seorang programmer profesional.

"Melihat perkembangan di Bandung yang cukup signifikan dan berhasil meluluskan lima batch (angkatan) sejak Januari tahun ini, kami melihat Yogyakarta sangat potensial, karena permintaan untuk membuka kelas di sana cukup besar," kata CEO Refactory.id Taufan Aditya, Senin (25/9/2017).

Kehadiran Refactory.id di Bandung telah membuat semacam standarisasi bagi seorang programmer dan juga coder.
Refactory.id mematok standarisasi seorang programmer dan coder lulusannya dengan rentang gaji minimum Rp10 juta.

"Kami bisa pastikan, lulusan kami berada di medium dan high level seorang programmer dan ingin membuat semacam aturan main jika profesi ini profesi yang penting dengan penghargaan atau bayaran yang setimpal," ujarnya.

Dengan permintaan besar pasar untuk profesi ini dan jumlah sumber daya manusia yang terbatas, harga itu sangat setimpal dengan apa yang diharapkan perusahaan dari seorang IT programmer dan coder.

"Ini untuk meningkatkan harga jual para programmer dan membuat mereka setara dengan profesi seperti dokter, atau pekerjaan lain. Dunia digital tak bisa dibendung lagi."kata Taufan.

Bukan tanpa alasan, pembukaan markas kedua di Yogyakarta berdasarkan pada standar yang diberikan Course Report (coursereport.com) kepada Refactory.id.

Course Report merupakan lembaga penilai bootcamp di seluruh dunia memberikan rating sempurna, khususnya dalam hal pengalaman selama mengikuti bootcamp dan tingkat kepuasan antara biaya yang dikeluarkan dengan output yang didapatkan.

Selain itu, penyerapan lulusan di dunia industri dan rata-rata gaji yang didapatkan alumninya menjadi standar tersendiri.

"Ini valid dan kami semacam ingin memberikan standarisasi programmer di Indonesia. Ini bukan profesi yang main-main dan menjanjikan. Jogja pas jadi markas kedua kami yang akan mulai berjalan di akhir pertengahan Oktober 2017," ungkap Taufan.

Di Indonesia sendiri, belum banyak penyedia bootcamp profesional seperti Refactory.id, namun hal itu akan menjadi tren dalam beberapa tahun ke depan.

Beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya telah hadir beberapa bootcamp, dengan harga yang bervariasi antata Rp 30 hingga Rp 40 juta untuk setiap batch, dalam waktu 12 minggu, dengan tingkat kepadatan belajar yang luar biasa.

"Di Refactory, kelas kami gelar lima hari seminggu, per harinya 12 jam selama satu batch atau 12 minggu. Sangat padat,"kata Taufan.

Cukup mahal, namun jika dibandingkan kursus singkat yang setara bagi para coder dan programer di luar negeri berkisar di angka USD10 ribu hingga USD15 ribu atau Rp130 juta-Rp180 juta-an.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Programmer Semakin Menjanjikan Refactory Pilih Yogyakarta Jadi Markas Kedua"

Posting Komentar