Galeri Indonesia Kaya Rayakan Ulang Tahun dengan Tari Topeng

Galeri Indonesia Kaya Rayakan Ulang Tahun dengan Tari Topeng

Suara.com - Merayakan ulang tahun keempatnya, Galeri Indonesia Kaya (GIK) mempersembahkan pertunjukkan tari bertajuk "Di Balik Topeng" yang digelar di mal Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (22/10/2017).

GIK bekerjasama dengan Bengkel Tari Ayubulan bersama Pusbitari, Exotica Borneo dan Daya Presta untuk menampilkan beragam tari topeng dari Nusantara.

"Bersama para maestro di bidang tari, pertunjukan ini menampilkan jenis tari topeng yang ada di berbagai daerah seperti Betawi, Kalimantan, Jawa Barat dan Bali," ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Topeng, menurut Renitasari, dipercaya telah ada di dunia sejak zaman pra-sejarah. Secara luas, topeng digunakan dalam tari-tarian yang menjadi bagian dari upacara adat atau penceritaan kembali cerita-cerita kuno dari para leluhur.

"Tari topeng merupakan tarian yang dikenal di seluruh penjuru Nusantara, bahkan di seluruh penjuru dunia," kata kurator acara sekaligus p enari profesional, Ayu Bulantrisna Djelantik disela-sela pertunjukan.

"Ada banyak ragam jenis tari topeng di setiap daerah dengan ciri dan karakteristik yang berbeda-beda. Sayang, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan berbagai jenis topeng di Nusantara dan asal muasal serta perkembangannya," imbuh dia.

Pertunjukan berdurasi 90 menit ini dibuka dengan penampilan penari asal Bali, Ayubulan yang membawakan tarian Topeng Pengawit Tapel dari Bali.

Acara dilanjutkan dengan penampilan sanggar tari Daya Presta dengan Tarian Topeng Kedok Ekspresi khas Betawi; sanggar tari Pusbitari dengan Tarian Topeng Kelana Kasmaran dari Cirebon, Jawa Barat; sanggar tari Exotica Borneo menarikan Tarian Topeng Hudoq khas Dayak; dan Bengkel Tari Ayubulan yang membawakan Topeng Telek Jauk dari Bali.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Galeri Indonesia Kaya Rayakan Ulang Tahun dengan Tari Topeng"

Posting Komentar