Pengamat Sebut Ada Dua Sebab Banyak Artis Nunggak Pajak

Pengamat Sebut Ada Dua Sebab Banyak Artis Nunggak Pajak

Suara.com - Sekjen Forum Indonesia untuk Transparansi (Fitra), Yenny Sucipto, mengatakan bahwa fenomena tunggakan pajak di kalangan artis memiliki dua makna. Bisa jadi karena rasa tanggung jawabnya yang rendah dalam membayar pajak, atau karena lemahnya kesungguhan pemerintah daerah dalam mengejar pajak penghasilan pribadi.

"Saya rasa penjelasannya itu. Memang responsibility yang rendah untuk patuh membayar pajak. Bisa juga dia sudah membayar pajak, tetapi lupa atau tidak tahu untuk memasukkan dalam laporan," kata Yenny saat dihubungi oleh Suara.com, Rabu (23/8/2017).

Namun Yenny mengingatkan, kondisi ini juga semestinya dipertanyakan kepada Dinas Pendapatan Daerah. Sebab semestinya sejak lama Dispenda maksimal dalam mengejar target penerimaan pajak di kalangan yang potensial, termasuk para artis. "Seharusnya ini yang didorong oleh DPRD kepada pemda kenapa hal ini bisa terjadi," jelasnya.

Yenny mengingatkan masalah ini semestinya tidak ditangani secara sporadis. Seharusnya DPRD menyelidiki apa akar persoalan yang sesungguhnya. Semestinya, masalah ini bisa ditelusuri hingga tuntas.

Sebagaimana diketahui, Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Jakarta telah mendata dan membuat daftar nama warga, yang belum memperbarui masa pajak kendaraannya. Dalam daftar tersebut, tidak hanya mencakup warga pemilik kendaraan yang tergolong biasa, tapi juga kendaraan mewah yang turut dimiliki artis ibu kota.

Antara lain Raffi Ahmad, Roro Fitria, Anjasmara, Gading Marten, Ahmad Dhani, dan Deddy Corbuzier.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengamat Sebut Ada Dua Sebab Banyak Artis Nunggak Pajak"

Posting Komentar