4 Cara Atasi Pusing Setelah Makan Kambing

4 Cara Atasi Pusing Setelah Makan Kambing


TRIBUNNERS - Seringkah anda mengkonsumsi daging kambing? Hmmm rasanya yang gurih dan nikmat membuat siapa saja tergoda untuk melahapnya, apalagi diolah menjadi berbagai olahan makanan seperti sate kambing atau gulai kambing.

Nah, selain menjadi salah satu makana favorit, ternyata daging kambing juga memiliki dampak negatif loh. salah satunya dapat mengakibatkan pusing. Hmm mengapa ya?

Inilah 2 Alasan Kenapa Daging Kambing Bisa Menimbulkan Pusing

Ternyata, daging kambing dapat menimbulkan pusing dikarenakan mengandung zat tyramin serta zat besinya yang tinggi. Zat besi dalam posri tertentu memang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi protein hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen ke darah.

Akan tetapi, bila zat besi yang dikonsumsi berlebihan maka akan menjadi boomerang bagi kesehatan tubuh. Kelebihan zat besi bisa menjadi racun yang dapat memicu pusing dan sakit kepala.

Selain itu, penderita yang mengalami keracunan zat besi ini akan mengalami gejala seperti mual, pusing, sakit kepala, nafas pendek dan tubuh lemah. Oleh karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi daging kambing tidak lebih dari 8-18 mg per hari.

Tidak hnya zat besi, pemicu pusing lainnya adalah zat yang bernama tyramin. Apa tyramin itu? Tyramine adalah zat yang diproduksi oleh protein ketika makanan mulai dibiarkan lama. Semakin lama umur makanan, maka semakin banyak juga tyramine yang diproduksi.

Tiramin merupakan asam amino yang dapat memicu sakit kepala dengan cara mengurangi kadar serotinin pada otak dan mempengaruhi pembesaran pembuluh darah. Bila dikonsumsi secara berlebihan zat ini juga  dapat meningkatkan tekanan darah terutama pada penderita darah tinggi.

Tidak hanya dalam daging kambing, makanan-makanan lain yang mengandung tinggi tyramin adalah: hati ayam, keju, Bir, Daging yang telah difermentasi, dan anggur merah.

Oleh karena itu jika anda ingin mengkonsumsi daging kambing, usahakan untuk tidak berlebihan yaitu sekitar 8-18 mg per hari, jik lebih dari itu maka kesehatan anda akan terganggu.

Bagaimana Cara Mengatasi Pusing Setelah Makan Daging Kambing?

Nah, jika anda sudah terlanjur mengkonsumsi daging kambing dan menimbulkan gejala keracunan zat besi, berikut ini adalah beberapa tips cara mengatasi pusing setelah makan daging kambing.

1. Konsumsi Sayuran Dan Buah-Buahan

Konsumsi sayuran dan buah buahan bisa membantu untuk mengatasi pusing setelah makan daging kambing. Hal ini sayuran dan buah buahan dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Diantara sayuran yang direkomendasikan, antara lain : mentimun, wortel, tomat, kubis, dan kemangi. Sedangkan untuk buah-buahannya adalah semangka, pisang, jeruk, dan alpukat.

2. Mengatasi Pusing Setelah Makan Daging Kambing Dengan Minum Teh Hangat

Teh hangat bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi pusing, karena minuman ini bisa membantu melarutkan kandungan zat besi dalam daging kambing. Konsumsilah teh hangat satu jam setelah anda mengkonsumsi daging kambing...Selengkapnya

 

Selengkapnya

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Cara Atasi Pusing Setelah Makan Kambing"

Posting Komentar