Detik-detik Jokowi Meminta Jasa Marga dan Suruh Bicara Blak-blakan

Detik-detik Jokowi Meminta Jasa Marga dan Suruh Bicara Blak-blakan


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Momen lucu terjadi saat kegiatan Pencatatan Perdana Efek Beragun Aset Mandiri JSMR01 di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (31/8/2017).

Secara tiba-tiba, Presiden Joko Widodo (Jokowi) "menodong" Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani bercerita blak-blakan soal kesulitan yang dihadapi dalam menerbitkan produk sekuritisasi pertama mereka.

Jokowi sebelumnya mendapatkan informasi bahwa pengurusan sekuritisasi itu memakan waktu hingga sembilan. Menurut Jokowi, proses itu terlalu lama.

Alih-alih menjawab pertanyaan Jokowi, Desi lantas mulai bercerita kronologi kerja sama sekuritisasi tersebut.

"Jadi memang yang paling lama adalah menyamakan persepsi. Sekuritisasi jalan tol itu bagaimana? Dari sisi Jasa Marga, bagus untuk disekuritisasi, karena jalan tol lama, ada 13 ruas yang kami miliki itu memang sudah tidak punya kewajiban," kata Desi.

"Tapi memang jalan tol tersebut didanai APBN, dan tidak mempunyai kewajiban perbankan. Ini yang kami pilih untuk dilepas, sehingga aset matang itu memberikan dana. Jadi ini menyelamatkan, ke OJK, ke semua pihak," lanjut Desi.

Jokowi lantas bertanya 'semua pihak' yang dimaksud Desi. Sebab, ia ingin mengetahui secara pasti, pemangku kebijakan mana yang menghambat proses sekuritisasi aset yang bertujuan untuk mencari alternatif sumber pendanaan proyek infrastruktur tersebut.

Namun, lagi-lagi Desi enggan merinci secara tegas pihak yang dimaksud. Ia hanya menyebut ada institusi keuangan yang menghambat proses itu.

"Semua institusi keuangan itu di mana saja? Yang jelas, institusi keuangan itu banyak banget. Bank, institusi keuangan. Pajak, institusi keuangan. BI, institusi keuangan. kemana itu, mulai dari mana, mulusnya dimana, dan yang mampet di mana?" kejar Jokowi.

"Dijawab," tegas Jokowi seraya diikuti tawa sejumlah pejabat yang hadir.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Detik-detik Jokowi Meminta Jasa Marga dan Suruh Bicara Blak-blakan"

Posting Komentar