Pertumbuhan Ekonomi Dipatok 5,4 Persen, Pakar: Sulit Tercapai

Pertumbuhan Ekonomi Dipatok 5,4 Persen, Pakar: Sulit Tercapai

Suara.com - Direktur Institute for Development of Economics and Finance Enny Sri Hartati memperkirakan target pertumbuhan ekonomi yang patok 5,4 persen di 2018 sulit tercapai.

"Karena kuartal II kemarin saja konsumsi rumah tangganya turun. Kalau turun sulit mencapai target itu. Karena ekonomi kita kan didongkrak dari konsumsi rumah tangga. Nah, ketika konsumsi kita hanya tumbuh 4,9 persen ini sudah akan sangat sulit jika ekonomi bisa tumbuh di atas 5,1 persen," kata Enny ketika ditemui di kantor INDEF, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (18/8/2017).

Enny menjelaskan penyebabnya lantaran menurunnya upah riil dan kesempatan kerja di sektor formal sehingga memengaruhi daya beli masyarakat.

"Paling turun itu kelas menengah ke bawah sekitar 40 persen, jadi ini sangat berpengaruh. Sementara konsumsi kelompok 20 persen teratas dipengaruhi berbagai macam penurunan harga komoditas, mengakibatkan pendapatan mereka menurun. Maka mereka mengoreksi konsumsinya, termasuk juga mereka harus selektif dalam membelanjakan uangnya," ujarnya.

Itu sebabnya, Enny mengimbau kepada pemerintah untuk tetap waspada agar pertumbuhan ekonomi di 2018 tidak meleset dari target. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi perekonomian di Indonesia tetap stabil.

"Makanya daya belinya harus dijaga. Kalau pertumbuhan konsumsi rumah tangganya minim, maka pertumbuhan ekonomi tidak bisa lebih baik," kata Enny.

 

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pertumbuhan Ekonomi Dipatok 5,4 Persen, Pakar: Sulit Tercapai"

Posting Komentar