Tito Minta Maaf Tak Bisa Cerita Rinci Sketsa Penyerang Novel

Tito Minta Maaf Tak Bisa Cerita Rinci Sketsa Penyerang Novel


Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan sudah diperiksa penyidik Polda Metro Jaya pada Senin (14/8/2017), sore, di Singapura, tempat Novel dirawat. Novel dimintai keterangan untuk mengungkap kasus penyerangan dengan air keras oleh orang tak dikenal.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan hasil pemeriksaan tersebut akan dikembangkan penyidik.

"Kemarin sudah di BAP resmi, didampingi langsung bapak ketua KPK dengan KBRI. Hasil pemeriksaan ini nanti kita akan kembangkan untuk kita verifikasi," kata Tito di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (18/8/2017).

Tito mengatakan ada beberapa hal yang disampaikan Novel, di antaranya mengenai sketsa wajah lelaki yang diduga menyiramkan air keras ke mata Novel.

"Ada beberapa hal disampaikan Novel, terkait hasil pemeriksaan kepolisian, misal tentang sketsa wajah," kata Tito.

Tito mengatakan polisi tidak bisa membuka semua informasi mengenai proses penyidikan ke publik, termasuk soal saksi-saksi yang dipakai untuk membuat sketsa.

"Kita sudah menyampaikan untuk para saksi memang kita jaga supaya mereka tidak banyak terekspos. Saya pun di Istana juga sampaikan, mohon maaf, sketsa wajah ini tidak saya sampaikan darimana, saksi mana yang nyampaikan, ini untuk keselamatannya," ujar Tito.

Untuk sekarang, Polri baru bisa mengungkapkan kepada KPK mengenai bagaimana proses pembuatan sketsa wajah terduga penyerang Novel.

"Tapi dengan KPK, pasti kita sampaikan bagaimana cara buat (sketsa wajah), siapa saksinya. Oleh karena itu saya usulkan ke KPK, Tolong dibentuk tim kpk, kar ena KPK miliki kemampuan surveillance, tim ini bisa kerjasama secara teknis lapangan, untuk klarifikasi, masalah sketsa misalnya, darimana dapatnya. Kalau kepada media, publik, nggak perlu kita jelaskan, demi keselamatannya," kata Tito.

Tito mengatakan Polri memberikan akses seluas-luasnya kepada KPK selama proses penyidikan.

"Kalau kepada KPK, full akses kita berikan. Tim ini akan dikirim KPK, mereka akan dapat akses apa yang sudah dilakukan penyidik Polri, termasuk beberapa hal yang mungkin dipertanyakan oleh Novel, ini klarifikasi semua, termasuk ada saksi, ada orang yang pernah diamankan silakan periksa ulang, klarifikasi, bahasa lapangannya di cross check semua monggo sama sama ya," ujar Tito.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tito Minta Maaf Tak Bisa Cerita Rinci Sketsa Penyerang Novel"

Posting Komentar