5 Jenis Bentuk Vagina, dari 'Boneka Barbie' Sampai 'Sepatu Kuda'

5 Jenis Bentuk Vagina, dari 'Boneka Barbie' Sampai 'Sepatu Kuda'

Suara.com - Tidak dapat dipungkiri para perempuan selama ini berpikir bahwa organ reproduksinya sama dengan perempuan lainnya. Apakah Anda salah satu dari mereka yang juga berpikir seperti itu?

Tahukah Anda bahwa vagina memiliki beragam bentuk, ukuran, dan warna yang berbeda-beda? Lalu, benarkah bentuk vagina itu berbeda-beda? Simak ulasan yang dihimpun oleh hellosehat.com.

Mengenal anatomi vagina
Karakteristik dan bentuk vagina berbeda-beda dan unik pada setiap orang, sehingga vagina yang berbeda belum tentu bisa disebut tidak normal. Beberapa orang memiliki vagina dengan ukuran kecil dan berbentuk oval. Sementara sebagian lain memiliki vagina berbentuk tabung dan lebih besar.

Vagina adalah saluran elastis dengan panjang kurang lebih 8 cm yang menghubungkan rahim dengan area luar tubuh.  Dengan lapisan yang lembut dan fleksibel yang dapat memproduksi pelumas dan sensasi tertentu, vagina menjadi ruang masuk penis selama berhubungan seksual.

Namun dalam proses persalinan, dinding saluran yang sangat elastis ini dapat mengembang dan menjadi jalan keluarnya bayi. Selain itu, vagina juga menjadi saluran keluarnya darah menstruasi.

Jalan masuk ke vagina disebut vulva. Vulva adalah bagian eksternal dari organ kewanitaan yang meliputi bukaan vagina, bibir vagina atau labia dan klitoris yang terletak pada bagian terluar vagina.

Labia atau bibir vagina pun berbeda antara satu perempuan dengan perempuan lain.

Pada beberapa kasus yang sangat jarang, bibir vagina yang terlalu besar dapat memengaruhi kenyamanan wanita saat duduk. Sementara yang disebut selaput dara adalah lapisan membran yang melingkupi dan menyempitkan bukaan vagina.

Sela put ini dapat robek karena aktivitas fisik atau akibat berhubungan seksual.

Berbagai bentuk vagina yang harus Anda ketahui
Selain bentuk, warna vagina pada satu orang pun berbeda dengan orang lain, dari yang berwarna merah muda hingga merah kecokelatan. Seperti apa saja bentuk vagina? Berikut lima bentuk vagina yang harus Anda tahu.

1. Barbie
Tipe pertama adalah vagina bentuk Barbie. Mengapa disebut dengan bentuk barbie, karena bentuk vagina ini mirip seperti bentuk vagina yang ada di boneka Barbie.

Pada bentuk vagina ini, labia minora (bibir bagian dalam vagina) berada sepenuhnya di dalam labia majora (bibir luar vagina), sehingga hanya terlihat ada satu lipatan horizontal dan vertikal yang membentuk huruf ‘V’. Mayoritas orang menganggap bahwa setiap wanita, lahir dengan bentuk vagina seperti ini. Faktanya hanya sedikit saja yang memiliki bentuk seperti ini.

2. Tirai
Bentuk vagina ini memilik i labia minora atau bibir vagina bagian dalam yang menggantung di luar labia majora atau bibir vagina bagian luar. Sebagian labia minora tidak tertutup oleh labia majora, sehingga terbentuk beberapa ‘lapisan’. Tidak perlu khawatir jika Anda memiliki vagina berbentuk seperti ini, karena ternyata banyak sekali wanita yang memiliki vagina seperti ini.

3. Puffs
Bentuk vagina ini hampir sama dengan bentuk vagina Barbie, namun labia majora atau bibir vagina bagian luar pada bentuk vagina puffs ini keluar sedikit dari tulang kemaluan.

4. Tulip
Dinamakan tulip karena mirip dengan bunga yang sedang mekar. Labia minora terekspos sepanjang labia majora atau labia minora terlihat sedikit mencuat dari bagian bawah labia majora yang menutupinya.

5. Sepatu kuda
Bentuk vagina tipe sepatu kuda ini memperlihatkan labia minora, namun bagian bawahnya tertutup oleh labia majora atau labia majora sedikit membuka di bagia n atas tapi menutup ke bawah, sehingga menyerupai tapal kuda atau sepatu kuda.

Apakah bentuk vagina saya normal?
Terkait bentuk vagina seperti apa yang paling normal atau ideal, jawabannya adalah tidak ada. Faktanya, bibir vagina bisa berbeda-beda ukuran dan sekitar setengah dari wanita memiliki labia minora yang lebih panjang dari labia majora.

Berdasarkan studi yang dimuat dalam International Journal of Obstetrics and Gynaecology, bentuk labia memang sangat bervariasi, entah itu bibir vagina bagian dalam yang lebih panjang ketimbang bibir luar maupun sebaliknya.

Vagina juga sangat mungkin memiliki bentuk yang tidak sama antara bagian kiri dan kanannya. Bahkan, bentuk labia yang simetris secara alami sangat jarang ditemukan. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika mendapati bibir vagina Anda yang lebih panjang satu sama lain.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Jenis Bentuk Vagina, dari 'Boneka Barbie' Sampai 'Sepatu Kuda'"

Posting Komentar