Mengenali Tipe Keguguran

Mengenali Tipe Keguguran

Suara.com - Tanya:

Selamat malam Dokter,
Saat usia kandungan saya 2 bulan saya mengalami keguguran. Dan satu minggu setelah janin keluar, saya mengalami perdarahan, tapi hanya 1 minggu 5 hari. Pada bulan berikutnya, keluar darah lagi. Saya mengira itu darah haid, tapi kok bercucuran terus sampai sekarang sudah 8 hari. Apakah ini wajar? Mohon penjelasan dan sarannya, Dok. Terima kasih.

WA

Jawab:

Selamat malam Ibu WA,
Ada beberapa tipe keguguran pada kehamilan kurang dari 20 minggu (abortus), yaitu:
A. Abortus iminens adalah perdarahan, janin masih dalam kandungan dan leher rahim masih menutup.
B. Abortus insipien adalah kondisi dimana perdarahan terjadi dengan janin masih ada di dalam namun telah terjadi pembukaan leher rahim.
C. Abortus inkomplit adalah kondisi keguguran dengan keluarnya sebagian jaringan janin dan masih tersisa sebagian dalam rahim
D. Abortus komplit, adalah keg uguran disertai keluarnya seluruh bagian janin.

Untuk memastikan termasuk keguguran yang mana diperlukan pemeriksaan langsung dengan cara pemeriksaan dalam vagina dan juga pemeriksaan USG untuk mengetahui keadaan janin atau masih adakah sisa bagian janin dalam rahim sehingga menyebabkan perdarahan. Bila dengan pemeriksaan USG dipastikan rahim sudah bersih, ada kemungkinan perdarahan setelah keguguran disebabkan masih belum seimbangnya hormonal akibat kehamilan.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga membantu. Terima kasih.

Dijawab oleh: dr. Rizki Amelia
Sumber: https://meetdoctor.com

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenali Tipe Keguguran"

Posting Komentar