Temu Pendidik Nusantara, Guru Diharapkan Mau Belajar dari Murid

Temu Pendidik Nusantara, Guru Diharapkan Mau Belajar dari Murid

Suara.com - Anak-anak, dalam hal ini murid, sering dipandang sebagai objek yang membebani dunia pendidikan. Anak-anak hanya menjadi murid yang duduk, menerima materi, dan mematuhi aturan yang diberikan.

Padahal, lebih dari itu. Salah satu kunci dari terwujudnya konsep belajar yang baik adalah kemauan pendidik untuk menumbuhkan dan melawan salah kaprah tersebut dan menempatkan dirinya sebagai murid juga.

Maka dari itu, program tahunan dari Cikal, yaitu Temu Pendidik Nusantara, mengambil tema bertajuk ‘Belajar dari Anak: Menumbuhkan Kemerdekaan dalam Pendidikan’ yang dilangsungkan di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, Minggu, (15/10/2017).

Pendiri Kampus Guru Cikal, Najelaa Shihab mengatakan jika tema tersebut dipilih karena melihat potensi belajar yang tinggi justru ada pada anak-anak itu sendiri.

"Lewat Temu Pendidik Nusantara, kami ingin memberikan kesempatan bagi para guru untuk saling berbagi praktik yang cerdas dan hasil riset tentang pengajaran dan pendidikan. Selain itu, kami juga ingin membantu pengembangan potensi guru dengan menyelenggarakan berbagai kelas dengan beragam topik. Tahun ini, para guru diajak bertualang belajar di Kelas Penggerak, Kelas Kemerdekaan, Kelas Kompetensi, Kelas Kolaborasi, dan Kelas Karier,” ujar Najelaa disela-sela acara Temu Pendidik Nusantara.

Tahun ini, lebih dari 1.000 guru hadir secara mandiri dari seratus daerah di Indonesia seperti Sanggau, Lubuklinggau, Makassar, Dompu, Bulukumba, Pekanbaru, Ambon, Pekalongan, Lombok, hingga Banyuwangi.

Bukan hanya itu, Temu Pendidik Nusantara tahun ini juga diwarnai dengan acara peluncuran buku yang berjudul ‘Merdeka Belajar di Ruang Kelas’, yang diharapkan dapat melengkapi referensi tentang pengembangan guru di Indonesia.

"Harapan kami, semoga ke depannya Temu Pendidik Nusantara dapat terus dilaksanakan agar menjadi inspirasi dan penebar semangat bagi para tenaga pendidik untuk terus belajar. Tentunya, dukungan dari berbagai elemen sangat dibutuhkan sehingga tercipta sinergi yang positif untuk dunia pendidikan di Indonesia,” jelas Ketua Temu Pendidik Nusantara, Bukik Setiawan dalam acara yang sama.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Temu Pendidik Nusantara, Guru Diharapkan Mau Belajar dari Murid"

Posting Komentar