Berharga Rp800 Juta, Ternyata Ini Keistimewaan All-New Prius

Berharga Rp800 Juta, Ternyata Ini Keistimewaan All-New Prius


Suara.com - All-New Prius secara diam-diam ternyata sudah dijual di Indonesia tanpa peluncuran, dengan harga Rp800 juta-an. Prius generasi keempat yang diimpor dari Jepang hanya jika ada pemesanan itu sendiri telah meningkat pesat dari berbagai sisi, jila dibandingkan generasi terdahulu.

 

All-New Prius dirilis pertama kali di Amerika Serikat pada 2015. Agen pemegang merek Toyota di Indonesia, PT. Toyota Astra Motor (TAM), kemudian membawanya sebagai mobil eksebisi di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), 10-20 Agustus di Indonesia Convention Exhibition, Serpong, Tangerang.

 

Product Knowledge Head TAM, Gandhi Ahimsaputra, dalam konferensi pers di sela-sela GIIAS 2017, menjelaskan bahwa All-New Prius adalah model pertama Toyota yang memakai platform baru Toyota New Global Architecture (TNGA). Platform ini memiliki rigiditas yang meningkat hingga 60 persen dibanding sebelumnya.

 

Rigiditas TNGA yang lebih mumpuni membuat All-New Prius lebih kuat saat terjadi tumbukan, khususnya tumbukan depan. Hal ini, ditambah dengan pusat gravitasi lebih rendah dan double wishbone baru, membuat pengendalian (handling) kendaraan pun lebih stabil dan 'tajam' termasuk saat cornering.

 

Dapur pacu All-New Prius memakai mesin yang sama dengan generasi ketiga yaitu 1.8 l 2ZR-FXE dengan peningkatan pada thermal efficiency hingga 40 persen. Artinya, 40 persen dari panas yang dihasilkan menjadi tenaga.

 

"Mobil konvensional itu punya thermal efficiency hanya 20-30 persen. Mobil-mobil F1 punya thermal efficiency hingga 50-60 persen," terang Gandhi.

 

Komponen baterai dan motor listriknya pun berhasil disimplifikasi tanpa mengurangi fungsi. Inovasi ini mengurangi bobot serta memperbesar fleksibilitas tata letak di dapur pacu All-New Prius.

 

"Kapasitas bagasi bertambah jadi 56 l. Kalau kursi belakang dilipat, All-New Prius bisa memuat 60 bola basket. Baterai sekarang ada di bawah di bawah kursi belakamg. Dulu di sekitar bagasi, di wheel base. Karena itu sekarang All-New Prius punya ruang interior lebih lega," papar Gandhi.

 

Koefisien hambatan udaranya juga makin ciamik, menjadi 0.24. "Ada fitur Active Grille Shutter. Pada kecepatan rendah, di bawah 60 km/jam, grille depan menutup. Tinggi kap depannya juga rendah. Logo Toyota di kap tingginya sama dengan di Toyota 86," lanjut dia.

 

Keunggulan All-New Prius lainnya ada di performa dan efisien bahan bakar. "Dalam mode listrik penuh, mobil ini bisa berjalan sampai kecepatan 110 km/jam. Prius generasi ketiga sekitar 70 km/jam. Konsumsi BBM di 40 km/l tadinya 32,6 km/l. Sementara, akselerasinya 11 detik. Ini pengetesan sesuai standar di Jepang," tutup Gandhi.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berharga Rp800 Juta, Ternyata Ini Keistimewaan All-New Prius"

Posting Komentar