Bintik Hitam di Kuku, Awas! Bisa Jadi Kanker

Bintik Hitam di Kuku, Awas! Bisa Jadi Kanker

Suara.com - Jean Skinner, pakar kecantikan dari Uckfield, East Sussex memperingatkan perempuan yang memiliki tanda hitam di kuku untuk mewaspadai risiko kanker. Hal ini bermula dari kliennya yang memintanya untuk melakukan perawatan agar tanda hitam di kukunya tertutupi.

Namun Skinner mendesaknya untuk mengunjungi dokter, pasalnya Jean meyakini bahwa tanda hitam itu merujuk pada kondisi kanker melanoma. Dalam laman Facebooknya, Skinner menggambarkan kondisi kuku kliennya yang memiliki garis hitam yang memanjang dari atas ke bagian bawah kuku.

"Banyak orang mengira bahwa tanda ini merujuk pada kondisi kekurangan kalsium. Padahal ini tanda melanoma," tulis Skinner dalam Facebooknya.

Klien Skinner pun menghubunginya kembali sepulang dari dokter. Ia mengatakan bahwa ia benar mengidap melanoma yang sangat agresif dan telah menyebar ke kelenjar getah beningnya.

Sejak itu Skinner mendesak orang lain di sekitarnya untuk lebih memperhatikan kelainan di kulu mereka. Meski perubahan aneh pada kuku kemungkinan besar tidak perlu dikhawatirkan.

Apalagi garis-garis gelap yang melintang di kuku cukup umum terjadi pada orang kulit hitam berusia di atas 20 tahun, dan dalam kebanyakan kasus itu normal sekali.

Namun, Skinner memberi saran bahwa garis-garis gelap pada kuku tidak boleh diabaikan karena sebenarnya mereka bisa menjadi tanda melanoma. Jenis kanker ini memilili porsi empat persen dari total kanker yang ada di Inggris.

Gejala bisa terjadi di berbagai bagian tubuh, termasuk di bawah kuku jari tangan atau jari kaki bahkan di kulit kepala. (Independent)

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bintik Hitam di Kuku, Awas! Bisa Jadi Kanker"

Posting Komentar