Indonesia Tuan Rumah Konferensi Komite Museum Bank Sentral se-Dunia 2017

Indonesia Tuan Rumah Konferensi Komite Museum Bank Sentral se-Dunia 2017

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi XXIV (24) International Committee for Money and Banking Museum (ICOMON) 2017.

ICOMON merupakan suatu komite internasional yang beranggotakan museum numismatik bank-bank sentral atau museum uang dan museum institusi atau lembaga keuangan lainnya.

"Penyelenggaraan konferensi di Indonesia di mana BI jadi tuan rumah akan menandai kali kedua penyelenggaraan konferensi tersebut di kawasan Asia Pasifik, setelah yang sebelumnya diselenggarakan di Shanghai, Tiongkok pada 2010," ujar Kepala Departemen Komunikasi BI, Agusman, Kamis (31/8/2017).

Menurut Agusman, ICOMON merupakan bagian dari dewan museum internasional atau International Council of Museums (ICOM), yang berdiri sejak 1946, ICOM memiliki lebih dari 30 ribu anggota dari 136 negara.

"Dengan anggota dari seluruh penjuru dunia, ICOMON menyediakan forum untuk berbagi keahlian dan pengalaman terkait isu yang dihadapi museum numismatik atau museum perbankan, untuk meningkatkan kualitas pengelolaan museum," ujarnya.

Konferensi Internasional ICOMON ini diselenggarakan sebagai wadah untuk meningkatkan wawasan para anggota ICOMON, sekaligus sebagai ajang berbagi informasi dan diskusi mendalam, diselenggarakan konferensi tahunan ICOMON.

Konferensi tahunan ICOMON telah dilaksanakan sejak 1994, dengan mengusung berbagai tema terkait pengembangan museum uang dan perbankan.

Penyelenggaraan konferensi tahunan dilakukan secara bergantian di negara-negara yang menjadi anggota ICOMON.

"Pada Konferensi ICOMON 2014 di Belgrade, Serbia, dilakukan penunjukan Museum Bank Indonesia sebagai tuan rumah Konferensi ICOMON ke-24, pada tahun 2017," tutur Agusman.

Agusman mengatakan konferensi Internasional ICOMON Ke-24 akan dilaksanakan pada 3-6 September 2017 di Museum Bank Indonesia, Jakarta.

Dalam Konferensi ICOMON 2017, terdapat lebih dari 20 negara yang berpartisipasi, baik dari museum bank sentral, museum nonbank sentral, maupun akademisi dan profesional di bidang museum. Pembicara dan moderator dalam konferensi antara lain berasal dari Belanda, Rusia, Yunani, dan Siprus.

Tema yang diusung adalah “Money & Banking Museums: From Display to Engagement”.

Melalui tema tersebut, Bank Indonesia berusaha mengangkat peran museum, melalui tata pamernya, untuk membentuk keterlibatan masyarakat dan rasa kebanggaan terhadap mata uang maupun kebijakan.

"Event ini diharapkan membuka prospek Pariwisata budaya dan museum bagi Indonesia di mata dunia. Untuk diketahui pengunjung Museum BI sendiri rata-rata mencapai 230.000 orang setiap tahunnya," tutup Agusman.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Indonesia Tuan Rumah Konferensi Komite Museum Bank Sentral se-Dunia 2017"

Posting Komentar