Makan di Sini, Anda Bisa Mencicipi "Pecel Langganan Soekarno"

Makan di Sini, Anda Bisa Mencicipi "Pecel Langganan Soekarno"

Suara.com - Makanan Indonesia memang tak ada duanya. Inilah yang menjadi alasan mengapa semakin hari semakin banyak resto yang menawarkan hidangan khas Nusantara yang memiliki cita rasa yang unik.

Dari sekian banyak resto yang mengusung menu bercitarasa lokal, satu di antaranya adalah Restoran Senyum. Mendengar namanya, tentu saja membuat kita secara spontan untuk tersenyum.

Nama ini sengaja dipilih, karena memang tujuannya untuk membuat pengunjung tersenyum, mengingat Indonesia dikenal sebagai bangsa yang ramah dan mudah tersenyum.

Tak hanya itu, Restoran Senyum, yang memiliki tagline 'Cerita Rempah Indonesia', ini tak cuma memanjakan lidah pengunjung dengan beragam menunya yang kaya cita rasa, tetapi juga mengedukasi lewat menu-menunya dengan mencantum bumbu, serta asal masakan yang disajikan.

Letak Restoran Senyum sendiri berdekatan dengan Grand Indonesia West Mall, tepatnya di Jalan Teluk Betung No. 45.

Direktur dari Restoran Senyum Imelda Blue mengatakan, konsep dari Restoran Senyum adalah family resto dengan otentik cita rasa Indonesia.

"Di Jakarta itu belum ada makanan Indonesia yang otentik dalam arti memeluk banyak makanan Indonesia. Di sini, Kami mendapatkan bumbunya, dihadirkan langsung dari asalnya. Seperti ikan bumbu Aceh dihadirkan langsung dari Aceh," terang Imelda.

Di lihat dari segi interior, resto ini terlihat seperti semi galeri, karena terdapat banyak lukisan yang dipajang di dinding restoran. Imelda mengatakan, lukisan-lukisan tersebut di dapat dari berbagai daerah di Indonesia seperti Yogyakarta dan Bali.

Di sini, pengunjung juga dapat menikmati masakan Indonesia dengan nyaman dan tenang meski berada di tengah keramaian kota Jakarta. Hal tersebut tak terlepas dari usaha Imelda dan rekan-rekannya untuk membuat Restoran Senyum terasa seperti rumah bagi pengunjung.

"Kami berharap orang yang datang ke sini dan makan makanan Indonesia, merasa seperti masakan rumah," imbuhnya.

Menu makanan yang disajikan pun beragam mulai dari yang biasa ditemukan di pasar seperti pisang goreng hingga masakan sejuta umat seperti Nasi Padang. Nah, saat mengunjungi restoran tersebut, Suara.com memilih untuk memesan menu Ketan Bumbu yang berasal dari Cirebon.

Menu ini disajikan dalam kemasan daun pisang muda, beras ketan  ini kemudian dimasak dengan santan dan ditaburi dengan gongsengan parutan kelapa yang lembut, serbuk bawang putih, ebi.

Hal yang menarik dari ketan bumbu ini adalah rasanya yang tetap manis gurih meski diberi tambahan ebi dan serbuk bawang putih di atasnya. Selain ketan bumbu, makanan lain yang bisa dinikmati adalah pempek, risoles, lumpia Semarang, singkong mentega, tahu gejrot, batagor, siomay kukus dan bakso goreng. Untuk makanan selingan, harga dipatok mulai dari Rp25 ribu hingga Rp45 ribu.

Selanjutnya, Suara.com mencoba mencicipi menu yang diberi nama "Pecel Langganan Soekarno". Pecel ini diberi isian berupa rebusan daun singkong, tauge, bayam, kangkung, rempeyek, tempe dan tahu goreng.

Sayuran tersebut lalu disajikan dengan bumbu kacang dari kacang tanah Tuban yang telah disangrai, diulek dengan bawang merah, kencur, cabai rawit, asam Jawa, gula Jawa dan terasi goreng.

Chef Restoran Senyum, Djamil Heriyanuar yang telah bergabung dengan restoran tersebut sejak dibuka Maret 2017 lalu mengatakan, pecel tersebut diberi nama "Langganan Soekarno", karena konon, Ir. Soekarno kerap menyantap pecel di daerah Surabaya.

"Sebenarnya ini pecel pada umumnya. Hal pembeda karena ada yang anggap pecel itu pakai kol, tauge, daun singkong, pepaya. Kami pakai yang pada umumnya orang pakai seperti daun singkong, bayam kangkung sama tauge. Bumbu kacang juga dibeli langsung dari Surabaya. Kami olah dengan air asam dan air panas serta perasan jeruk limo," papar Chef Djamil.

Dipatok dengan harga Rp. 35 ribu, Pecel Langganan Soekarno cocok sekali untuk Kamu pecinta sayuran, asam, manis dan pedas. Bumbu kacangnya yang spesial, pasti akan membuat Kamu ketagihan.

Selanjutnya, Suara.com mencoba makanan berkuah, yaitu Soto Lamongan yang berisi soun, telor, suwiran ayam kampung, koya, ranjangan seledri, taburan bawang goreng dan kerupuk. Harga menu ini Rp59 ribu per porsi.

Kuah Soto Lamongan ini terasa begitu gurih dan segar, karena diberi perasan jeruk limo. anda yang suka pedas bisa menambahnya dengan sambal.

Selain Soto Lamongan, tersedia juga Soto Betawi, Rawon, Sop buntut, dan aneka sate seperti sate ayam, sate sapi, sate kambing hingga sate lilit ayam. Harga dipatok dari mulai Rp35 ribu hingga Rp130 ribu untuk sop buntut.

Nah, pada menu minuman, disediakan banyak minuman khas Nusantara seperti Beras Kencur, Temulawak hingga Kunyit Asam. Tapi sore itu, Suara.com lebih memilih Teh Beras Merah yang dibuat dari rebusan beras merah, jahe dan daun pandan.

Teh tanpa kafein ini dipercaya memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan berasal dari Tanah Bali. Minuman dipasang dengan harga mulai dari Rp25 ribu hingga Rp35 ribu.

Restoran Senyum dibuka setiap hari dari pukul 07.00 WIB sampai 23.00 WIB dan memiliki kapasitas hingga 90 orang pengunjung. Anda tertarik untuk mencicipi kelezatan cita rasa masakan Indonesia? Yuk datang ke sini!

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makan di Sini, Anda Bisa Mencicipi "Pecel Langganan Soekarno""

Posting Komentar