Pembukaan SEA Games, Indonesia Kontingen Terbesar Ketiga

Pembukaan SEA Games, Indonesia Kontingen Terbesar Ketiga

Suara.com - Indonesia menjadi kontingen terbesar ketiga pada pelaksanaan SEA Games 2017 yang dibuka di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8/2017) malam waktu setempat. Total, kontingen Merah Putih berkekuatan 948 orang yang terbagi atas atlet dan ofisial.

Thailand menjadi negara yang paling banyak mengirimkan kontingennya, yakni 1.264 orang yang terdiri 818 atlet dan 446 ofisial. Sedangkan tuan rumah Malaysia berada diposisi kedua dengan 1.234 orang yang terdiri dari 844 atlet dan 390 ofisial.

Meski berada diposisi ketiga, Indonesia tidak mengirimkan semua atletnya untuk mengikuti pembukaan. Ada beberapa pertimbangan diantaranya adalah belum datang ke Malaysia hingga pelaksanaannya berdekatan dengan jadwal pertandingan.

Berdasarkan laporan dari tim CdM, Indonesia mengirimkan sekitar 200 orang atlet dan personel untuk mengikuti pembukaan.

"Yang mengikuti defile hanya perwakilan saja. Selain itu tim CdM juga akan mengikuti defile," kata perwakilan CdM Mahfudin Nigara.

Jika Thailand menjadi negara yang paling banyak mengirimkan kontingen, Timor Leste menjadi negara yang paling sedikit mengirimkan kontingennya yaitu 69 orang yang terdiri dari 50 atlet dan 19 official.

Sementara itu, kehadiran Rimau atau sang markot di tengah lapangan Stadion Bukit Jalil mengawali rangkaian pembukaan kejuaraan multi event terbesar di Asia Tenggara ini.

Setelah maskot yang merupakan jelmaan binatang harimau itu barulah para volunteer masuki lapangan untuk membentuk jalur yang kemudian digunakan oleh kontingen dari 11 negara untuk melakukan defile dihadapan ribuan penonton yang memadati stadion terbesar di Malaysia itu.

Tidak ketinggalan, pembukaan SEA Games 2017 ini dihadiri langsung oleh Kebawah Duli Yang Maha Mulia Seri Paduka Baginda Yang di-Pertuan Agung XV Sultan Muhammad V. Selain itu juga dihadiri perwakilan dari negara ASEAN.

Untuk defile diawali kontingen dari Brunei Darussalam. Berikutnya adalah Kamboja. Diurutan ketiga adalah kontingen Indonesia yang dipimpin langsung oleh CdM Aziz Syamsuddin. Sedangkan pembawa bendera Merah Putih adalah atlet renang I Gede Siman Sudartawa.

Berikutnya secara berurutan Laos, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, Vietnam dan ditutup oleh kontingen tuan rumah yaitu Malaysia yang menggunakan baju atasan warna merah dan bawahan warna biru.

Setelah melakukan defile, semua kontingen peserta SEA Games 2017 diduduk di tribun yang berhadapan langsung dengan tribun VIP dimana para petinggi hingga Raja Malaysia berada. Sambutan masyarakat saat defile terbilang luar biasa.

Bahkan sang pembawa acara menanyakan kabar kontingen dengan menggunakan bahasa masing-masing negara. Begitu juga saat kontingen Indonesia melintas.

"Apa kabar Indonesia...," sapa pembawa acara saat kontingen Indonesia yang dipimpin CdM Aziz Syamsuddin melintas.

Setelah defile, pihak penyelenggara kegiatan mengenalkan beberapa tokoh olahraga Malaysia dari masa-masa yang salah satunya adalah legenda bulutangkis Negeri Jiran yaitu Rasid Sidek.

SEA Games 2017 dari 19-30 Agustus ini akan mempertandingkan 38 cabang olahraga. Meski demikian beberapa cabang olahraga seperti sepak bola sudah dipertandingkan sejak 15 Agustus lalu. [Antara]

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembukaan SEA Games, Indonesia Kontingen Terbesar Ketiga"

Posting Komentar