Pengadilan Thailand rilis surat penahanan mantan PM Yingluck Shinawatra

Pengadilan Thailand rilis surat penahanan mantan PM Yingluck Shinawatra

yingluck
EPA
Yingluck Shinawatra, yang menjadi perdana menteri perempuan perdana di Thailand pada 2011, dimakzulkan pada 2015 lantaran kasus skema subsidi beras.

Mahkamah Agung Thailand merilis surat penahanan terhadap mantan Perdana Menteri, Yingluck Shinawatra, setelah yang bersangkutan tidak hadir dalam sidang putusan kasus subsidi beras pada Jumat (25/08).

Mahkamah Agung kemudian memutuskan untuk menunda sidang putusan pada 27 September mendatang.

Dalam kasus itu, Yingluck berulang kali membantah melakukan kesalahan skema subsidi beras yang menghabiskan biaya sebesar US$8 miliar atau setara dengan Rp106,7 triliun.

Jika terbukti bersalah, dia menghadapi ancaman hukuman penjara seumur hidup dan larangan berkiprah di dunia politik.

Yingluck, yang menjadi perdana menteri perempuan perdana di Thailand pada 2011, dimakzulkan pada 2015 lantaran kasus skema subsidi beras. Skema tersebut adalah andalannya sewaktu menjalani kampanye pemilihan umum.

yingluck
BBC

Inti skema subsidi beras adalah meningkatkan pendapatan petani dan memberantas kemiskinan di daerah pedesaan. Untuk mewujudkannya, pemerintah Thailand membayar panen petani dua kali lipat dari rata-rata harga pasar.

Meski bagi Yingluck langkah ini mendulang popularitas, pemerintah Thailand mengalami kerugian ekspor dan tumpukan beras petani tidak mampu dijual. Skema itu juga dipandang membuka celah korupsi.

Selama masa persidangan, Yingluck berkilah bahwa bukan dia yang bertanggung jawab menjalankan skema subsidi beras dan dia adalah korban persekusi politik.

Yingluck, yang merupakan adik bungsu taipan sekaligus mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra, dipandang kubu oposisi sebagai boneka kakaknya yang dilengserkan militer pada 2006.

Baik Yingluck maupun Thaksin amat populer di kalangan petani pedesaan, namun dibenci kelas menengah di perkotaan.

Partai mereka, Pheu Thai, memenangi setiap pemilihan umum sejak 2001.

yingluck
Reuters
Para pendukung Yingluck Shinawatra menghadiri sidang putusan di Mahkamah Agung Thailand, Bangkok, Jumat (25/08). Yingluck populer di kalangan petani berkat skema subsidi beras.

Rekam jejak kontroversi subsidi beras Yingluck

  • Mei 2011: Yingluck Shinawatra terpilih sebagai perdana menteri. Tak lama kemudian dia memulai skema subsidi beras.
  • Januari 2014: Aparat antikorupsi Thailand menyelidiki keterlibatan Yingluck dalam skema subsidi beras.
  • Mei 2014: Yingluck dipaksa mundur dari jabatannya setelah Mahkamah Konstitusi Thailand memvonisnya bersalah atas penyalahgunaan wewenang.
  • Januari 2015: Parlemen Thailand yang disokong militer melengserkan Yingluck atas tuduhan korupsi dalam skema subsidi beras. Yingluck juga dilarang berkiprah dalam dunia politik selama lima tahun. Gugatan hukum terhadapnya kemudian dimulai.
  • Agustus 2017: Yingluck mangkir dari sidang putusan kasus subsidi beras dengan alasan sakit.
قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengadilan Thailand rilis surat penahanan mantan PM Yingluck Shinawatra"

Posting Komentar