Upacara di Lautan Pasir, Cara Suku Tengger Peringati HUT Kemerdekaan RI

Upacara di Lautan Pasir, Cara Suku Tengger Peringati HUT Kemerdekaan RI


TRIBUNNEWS.COM, PROBOLINGGO - Masyarakat Suku Tengger di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo mempunyai cara unik memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72, Kamis (17/8/2017).

Semua masyarakat tengger bersama Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Sukapura menggelar upacara bendera di lautan pasir Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Upacara ini bisa disebut sebagai upacara yang unik, sebab biasanya upacara identik dilakukan di lapangan berumput.

Namun, kali ini, upacara dilaksanakan di lautan pasir TNBTS. Tidak ada rumput, hanya ada pasir. Meski demikian, semua peserta upacara tak tampak risih dengan kondisi. Justru mereka tampak bersemangat. Padahal, di lautan pasir ini udaranya sangat dingin.

Baca: Keluarga Tak Izinkan Otopsi Peserta Panjat Pinang yang Tewas Terjatuh dari Ketinggian 7 Meter

Upacara bendera ini diikuti oleh semua elemen masyarakat suku tengger, mulai pimpinan Forpimka, guru, pelajar SMA, SMP, dan SD, TNI, Polri, dan masih banyak lagi.

Uniknya, masyarakat tengger membawa kuda dalam upacara ini. Kuda-kuda yang mereka bawa ikut dalam prosesi upacara tersebut. Dari data yang didapatkan, ada sekitar 250 kuda yang terlibat dalam acara ini.

Jadi, sepanjang upacara berlangsung suara kuda mendominasi. Celotehan ringan para kuda ini membuat suasana upacara semakin lebih meriah.

Meski demikian, peserta upacara kemerdekaan di lautan pasir ini tetap tampak khidmat dan khusyuk mengikuti satu per satu rangkaian kegiatan. Aura mistis benar-benar menyeruak.

Mulai dari prosesi pengibaran bendera sang saka Merah Putih hingga penurunannya. Semuanya menyatu menjadi satu untuk memperingati hari kemerdekaan bangsa ini.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Upacara di Lautan Pasir, Cara Suku Tengger Peringati HUT Kemerdekaan RI"

Posting Komentar