Keren, Google Kini Bisa Bicara Bahasa Sunda dan Jawa

Keren, Google Kini Bisa Bicara Bahasa Sunda dan Jawa

Suara.com - Masyarakat Indonesia yang sangat beragam daerah dan bahasanya, mendorong Google menambah dua bahasa daerah ke dalam teknologi penelusuran suara mereka. Dua bahasa tersebut adalah Sunda dan Jawa.

Kini, Anda dapat berbicara bahasa Jawa dan Sunda saat menggunakan tiga layanan Google antara lain, aplikasi Google, Google Translate, dan keyboard pintar Gboard.

"Kami terus berusaha untuk meluncurkan berbagai produk yang akan memudahkan penutur bahasa-bahasa di Indonesia dan memenuhi kebutuhan penduduk Indonesia untuk menemukan informasi," ujar Daan van Esch selaku Technical Program Manager, Speech and Keyboard Team Google melalui sambungan video, Selasa (12/9/2017).

Agar layanan Google di Smartphone dapat mengerti bahasa Jawa dan Sunda, Anda hanya perlu mengubah bahasa penelusuran di menu pengaturan.

Dalam menambahkan bahasa Jawa dan Sunda, Google mengaku dibantu oleh beberapa universitas lokal, seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

"Kami mengumpulkan banyak sampel suara dan menambahkan banyak contoh dialek. Dalam melakukan penambahan suara, kami melakukam banyak upaya yang tidak sedikit," tambahnya.

Google juga menggunakan teknologi Neural Machine Translation yang membuat proses terjemahan dapat lebih akurat dan sesuai dengan konteksnya.

Dengan kehadiran bahasa Jawa dan Sunda semakin menambah daftar bahasa lokal yang dapat dilayani Google. Sejauh ini, sudah 119 bahasa yang dapat dilayani layanan Google.

Di masa depan, Daan mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan jika Google menambah bahasa daerah lain. "Indonesia sangat kaya akan bahasa daerah. Kami mencoba untuk menambah bahasa baru,"tutupnya.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keren, Google Kini Bisa Bicara Bahasa Sunda dan Jawa"

Posting Komentar