Awas, Kondisi Ini Bisa Bikin Wajah Tampak Lebih Tua!

Awas, Kondisi Ini Bisa Bikin Wajah Tampak Lebih Tua!

Suara.com - Usia boleh muda tapi siapa sangka jika banyak orang menilai bahwa Anda memiliki wajah yang tampak lebih tua. Tentu saja penilaian ini bisa membuat Anda menjadi kurang percaya diri.

Sebelum terlambat, kenali lebih dulu faktor yang dapat memicu wajah tampak lebih tua.

Menurut dr. Puri Ambar Lestari, SpBP-RE dari Bamed Plastic Surgery, kebiasaan terpapar sinar matahari dan gaya hidup tidak sehat bisa menjadi salah satu pemicu wajah tampak lebih tua.

"Kondisi ini disebut juga dengan atrofi, jadi jaringan otot dan saraf menyusut dan tanus kulit menghilang sehingga wajah tampak lebih tua. Penyebabnya mulai dari paparan sinar matahari, polusi dan pola makan yang tidak sehat," ujarnya pada temu media di Jakarta, Rabu (18/10/2017).

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol dalam jangka panjang, tambah Puri, juga dapat memicu penuaan dini karena produksi kolagen menurun. Begitu pula dengan pertambahan berat badan atau penurunan secara drastis dapat mengubah penampilan wajah yang membuatnya tampak lebih tua.

"Faktor lainnya yang juga mempengaruhi adalah perubahan morfologi tulang wajah yang bisa berupa berkurangnya ketinggian di bagian tengah dan bawah wajah. Misalnya dahi terlihat menonjol, bagian sisi mata menonjol, sedan gkan cekungan wajah makin dalam sehingga wajah semakin lebar," jelasnya merinci.

Tak hanyi itu, kondisi suasana hati dan kejiwaan, kata Puri, ternyata juga bisa meningkatkan peluang seseorang tampak lebih tua dari usia sebenarnya.

Nah, untuk mengatasi keluhan ini, berbagai metode penanganan bisa diberikan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini, mulai dari mengubah pola hidup hingga tindakan bedah plastik.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Awas, Kondisi Ini Bisa Bikin Wajah Tampak Lebih Tua!"

Posting Komentar