Sore Ini Menlu Retno Marsudi Berangkat ke Myanmar Bahas Krisis Pengungsi Rohingya

Sore Ini Menlu Retno Marsudi Berangkat ke Myanmar Bahas Krisis Pengungsi Rohingya


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan dirinya akan berangkat ke Myanmar sore ini untuk membahas mengenai krisis kemanusiaan Etnis Rohingya di Rakhine State.

“Insya Allah, sore nanti, saya akan melakukan perjalanan ke Myanmar,” ujar Retno di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Minggu (3/9/2017).

Retno mengatakan dirinya dijadwalkan akan bertemu dengan Otoritas Myanmar. Dalam pertemuan itu, Retno akan menyampaikan sikap Pemerintah Indonesia soal krisis kemanusiaan tersebut.

“Kami akan menyampaikan concern kami, itu pasti, tetapi kita juga akan bahas apa yang pemerintah Myanmar dapat dilakukan. Pertanggungjawaban ada di pemerintahan Myanmar, tetapi ada bagian di mana kami dapat membantu, masyarakat internasional dapat membantu,” kata Retno.

Retno mengatakan jadwal pertemuan dengan otoritas Myanmar tersebut masih ada kemungkinan berubah.

Baca: Pembantaian Etnis Rohingya, Menlu Retno: Indonesia Tidak Hanya Mengecam Tapi Juga Bertindak Nyata

Jika terlaksana, Retno mengatakan Indonesia adalah negara pertama yang dapat bertemu dengan Myanmar terkait krisis kemanusiaan tersebut.

“Berdasarkan observations saya, saya Menlu pertama yang masuk ke Myanmar dan akan melakukan pertemuan dengan otoritas Myanmar. Harapannya pertemuan ini dapat berjalan dengan lancar. Sekali lagi, situasi sangat dinamis, semoga tak ada perubahan. Kalau pertemuan dapat dilakukan, Indonesia menjadi negara pertama yang dapat melakukan pertemuan dengan otoritas di Myanmar,” ucap Retno Marsudi.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sore Ini Menlu Retno Marsudi Berangkat ke Myanmar Bahas Krisis Pengungsi Rohingya"

Posting Komentar