2.000 Peserta Ikut Serta Run of Charity Sepanjang 5 Km di Denpasar

2.000 Peserta Ikut Serta Run of Charity Sepanjang 5 Km di Denpasar

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR - Semarak peringatan Dirgahayu ke-72 RI tak henti-henti digelorakan oleh warga Bali dan sekitarnya.

Berbagai cara dilakukan guna memupuk semangat nasionalisme yang kian luntur. Satu cara yang menarik ialah acara Run of Charity yang digagas oleh perguruan Sandhi Murti Denpasar Bali ini.

Sekitar 2.000 warga dari Bali dan luar Bali mengikuti Run For Charity di Lapangan Puputan Badung, Denpasar, Minggu (20/8/2017).

Para pelari begitu semangat dengan membubuhkan nasionalisme dalam tiap tapaknya. Sekitar lima kilometer para pelari menapakkan kakinya.

Pinisepuh Perguruan Sandhi Murti, I Gusti Ngurah Harta menyatakan, sikap dan rasa nasionalisme dalam beberapa waktu terakhir sangat meresahkan.

Apalagi, paham-paham radikal, ekstrem yang harus diberangus. Sebab ideologi bangsa Indonesia adalah Pancasila.

Karena itu, pihaknya meminta semua lapisan atau elemen masyarakat, dari suku, adat, ras, agama dan golongan untuk menumbuhkan lagi rasa nasionalisme itu.

Sekitar 2.000 warga dari Bali dan luar Bali mengikuti Run For Charity di Lapangan Puputan Badung, Minggu (20/8/2017). TRIBUN BALI/I MADE ARDHIANGGA
Sekitar 2.000 warga dari Bali dan luar Bali mengikuti Run For Charity di Lapangan Puputan Badung, Minggu (20/8/2017). TRIBUN BALI/I MADE ARDHIANGGA (Tribun Bali/I Made Ardhiangga)

"Semangat lari ini adalah memupuk lagi semangat dan ideologi nasionalisme dan Pancasila kita yang kian luntur," kata Gusti Ngurah usai melepas 2.000 pelari, Minggu (20/8/201).

Dalam acara ini dipilih tiga orang pelari yang finish terlebih dahulu. Mereka adalah Samgar Kamlasih, disusul Prazat di nomor dua. Dan yang ketiga ialah Grogerius Gheda Dende.

Selain itu 50 pelari pertama mendapatkan medali dari panitia.

Selain sebagai upaya untuk memberikan semangat nasionalisme, lari juga menjadi bagian untuk kesehatan. Seperti kalimat Mens sana in coropore sano‎, di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat.

Semangat inilah yang kemudian ditunjukkan oleh perguruan Sandhi Murti untuk kembali menumbuhkan semangat kebhinekaan dalam perbedaan, dengan lomba lari.

Turah--sapaan Gusti Ngurah--berharap masyarakat berperan dalam membantu sesama. Karena kegiatan sosial merupakan bagian dalam memupuk rasa nasionalis yang kian pudar. Membantu sesama juga merupakan keyakinan dalam ajaran Hindu tentang Tri Hita Karana.

"Sekitar Rp 500 juta dana yang terkumpul akan disumbangkan untuk warga tak mampu. Seperti kaum dhuafa, orang yang tidak memiliki kaki dan untuk membantu bedah rumah. Dan lain sebagainya yang penting untuk kegiatan sosial," kata dia. (ang)

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2.000 Peserta Ikut Serta Run of Charity Sepanjang 5 Km di Denpasar"

Posting Komentar