Apple "Dipecundangi" Xiaomi di Pasar Indonesia

Apple "Dipecundangi" Xiaomi di Pasar Indonesia

Suara.com - ​Teknologi terus berkembang dengan cepatnya, didorong minat beli konsumen yang tinggi, menjadi peluang bagi pengusaha industri teknologi. Hal ini dibuktikan semakin bersaingnya jajaran merk smartphone, baik merk dalam maupun luar negeri.

Telunjuk.com sebagai shopping search engine, setiap harinya mengumpulkan lebih dari 16 juta informasi produk dari 38 toko online atau marketplace di Indonesia, melakukan riset merk smartphone yang paling banyak dicari dan diminati orang di toko online/marketplace.

“Dulu, orang yang tersenyum sendiri saat dia sedang sendiri disebut tidak waras, sampai kami menemukan smartphone dan sosial media," ujar Mokokoma​ ​Mokhonoana.

Sebelumnya, Kantar Worldpanel juga telah melakukan riset terlebih dahulu di Amerika Serikat. Menurut hasil risetnya, Samsung berada diposisi pertama dan Apple berada tepat di posisi kedua.

Hasil ini berbeda dengan data Kantar Worldpanel, berdasarkan data yang telah dihimpun Telunjuk.com, Samsung masih menjadi yang paling banyak tersedia di toko online/marketplace Indonesia, dengan market share 42,5 persen dari produk yang dijual.

Diikuti posisi kedua diraih Xiaomi dengan 11,1 persen dan Asus pada posisi ketiga sebesar 8,3 persen. Sebaran ini menunjukkan bahwa produk Samsung masih banyak tersedia di toko online/marketplace di Indonesia dengan supply yang sangat bervariasi.

Market share smartphone Indonesia. [Telunjuk.com]

Posisi Samsung dengan Xiaomi cukup jauh, nyaris empat kali lipat lebih besar. Satu-satunya merk dalam negeri yang mampu bersaing dalam 10 besar adalah Vivo dengan share sebesar 2 persen tepat di posisi kesepuluh.

Sementara Apple, sebuah brand yang cukup premium bisa bercokol pada posisi ketujuh dengan share 2.9 persen.

Angka tersebut diambil dari data yang dihimpun Telunjuk.com pada 7 Agustus 2017, berdasarkan jumlah barang yang dijual di 38 toko online/marketplace di Indonesia, dengan total smartphone yang dicatat sebesar 78.000 produk.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apple "Dipecundangi" Xiaomi di Pasar Indonesia"

Posting Komentar