Demam Usai Imunisasi, Apa yang Harus Dilakukan?

Demam Usai Imunisasi, Apa yang Harus Dilakukan?

Tanya:

Selamat siang Dokter,
Anak saya sekarang umur 18 bulan lebih 1 minggu. Pada 19 Agustus jam 17.00 WIB mendapat suntikan imunisasi pentabio (saat itu usianya sudah 18 bulan lebih 3 hari). Setelah itu malam harinya langsung panas lalu saya beri paracetamol seperti biasa. Demam anak saya masih terus berlanjut sampai besoknya, hanya naik turun antara 37,8-39 derajat celsius. Setelah imunisasi juga maskin susah makan. Apa yang harus saya lakukan, Dok? Mohon penjelasan dan sarannya. Terima kasih.

AN

Jawab:

Selamat siang Ibu AN,
Perlu Anda ketahui bahwa vaksin pentabio merupakan vaksin combo yang berisi vaksin DPT, hepatitis B, dan HiB. Vaksin ini melindungi anak dari penyakit difteri, tetanus, pertusis, hepatitis B, dan haemophilus influenzae tipe B.

Penyuntikan vaksin pentabio biasanya secara intramuskular atau di dalam otot. Kondisi demam yang dialami oleh anak Anda kemungkinan merupakan kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) yang biasa terjadi dan tidak membahayakan.

Mengingat setelah mengonsumsi paracetamol demam masih saja berlangsung, maka segeralah temui Dokter agar dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga membantu. Terima kasih.
 
Dijawab oleh: dr. Yohana Margarita
Sumber: https://meetdoctor.com

Suara.com - >
قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Demam Usai Imunisasi, Apa yang Harus Dilakukan?"

Posting Komentar