Fenomena Suami Ngidam Saat Istri Hamil, Ternyata Ini Alasannya

Fenomena Suami Ngidam Saat Istri Hamil, Ternyata Ini Alasannya

Suara.com - Mengetahui ibu hamil ngidam tentu sudah biasa. Namun, jika yang ngidam justru sang suami ketika istri hamil? Kira-kira apa ya yang mengakibatkan hal itu?

Disampaikan Psikolog Keluarga Tara De Thouars , saat istri mengandung, kondisi psikologis suami ternyata juga berubah. Hormon estrogen lelaki menurun sehingga suami menjadi lebih sensitif dan perhatian terhadap istrinya yang sedang hamil.

Belum lagi jika janin yang dikandung istri merupakan anak pertama, maka lelaki juga akan menghadapi stres dan kekhawatiran tertentu dari segi kesiapan mengasuh hingga masalah keuangan untuk membesarkan buah hati.

"Nah ketika stres ini, biasanya akan timbul keinginan secara otomatis untuk membuat dirinya bahagia. Bisa dengan ngidam ingin beli game baru, ngidam beli sepatu baru dan lain sebagainya," ujar Tara pada temu media Festival Ngidam SGM Bunda di Jakarta, Kamis (24/8/2017).

Dokter spesialis kandungan, DR. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (K), mengungkapkan ngidam pada ibu hamil, lebih disebabkan adanya perubahan peptida opioid endogen (PEG) dengan dalam tubuh bumil. PEG sendiri tersebar di seluruh saraf pusat yang berperan untuk menyebabkan seseorang ketagihan terhadap sesuatu.

"Kalau dilihat pada orang hamil, PEG ini meningkat. Bahkan akan bertahan lama dan bisa dua kali lipat di trisemester tiga. Jadi ngidam nggak hanya ada di trisemester 1 tapi bisa juga sampai trisemester 3," jelas dr Damar.

Biasanya pada bumil, ngidam cenderung merujuk pada makanan manis seperti buah dan cokelat. Ada pula bumil yang justru ngidam makanan yang berci ta rasa asam seperti rujak.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fenomena Suami Ngidam Saat Istri Hamil, Ternyata Ini Alasannya"

Posting Komentar