Kapolri, Menteri, dan Para Kapolda Bahas Persiapan Idul Adha

Kapolri, Menteri, dan Para Kapolda Bahas Persiapan Idul Adha

Suara.com - Untuk persiapan antisipasi pengamanan menjelang dan usai perayaan Hari Raya Idul Adha pada Jumat (1/9/2017), Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono melakukan video conference bersama seluruh kapolda di Indonesia, Rabu (23/8/2017). Dialog jarak jauh dilakukan dari Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan.

"Kita antisipasi libur panjang ada yang pulang kampung, ada arus mudik dan setelah itu ada arus balik. Dari sisi keamanan dan ketertiban, masyarakat arus mudik arus balik ini merupakan potensi untuk gangguan keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas," kata Tito di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (23/8/2017).

Tito menambahkan dialog tadi dilakukan untuk menyamakan persepsi dalam mendukung pelaksanaan Idul Adha sampai tradisi mudik.

"Ini wake up call, alarm, supaya di follow up dengan kegiatan rapat yang lebih teknis baik tingkat pusat oleh eselon satu, dua dan masing - masing. Setelah itu dilanjutkan di wilayah yang lebih teknis yang memiliki potensi gangguan di wilayah," ujar Tito.

Tito mengatakan pengamanan arus lalu lintas pada momentum Idul Adha berbeda dengan ketika Idul Fitri.

"Intinya kita ada memang permasalahan yang perlu ditangani yang agak beda dengan pengamanan lebaran Idul Fitri. Terutama arus mudik. Karena tol Brebes - Gringsing yang lebaran lalu sangat membantu sekali kini dalam tahap perbaikan sehingga belum bisa dipakai. Perlu ada rekayasa lalu lintas," kata Tito.

Menteri Basuki mengatakan persiapan mudik Idul Adha difokuskan pada jalur pantura.

"Untuk kami akan tetap siapkan posko dan aktifkan kembali yang sudah kami bentuk pas Idul Fitri. Apa yang kami lakukan di Idul Fitri kami hidupkan kembali pada Idul Adha. Sampai Natal dan juga tahun baru," ujar Basuki.

Jalan tol Brebes - Gringsing nanti akan ditutup untuk sementara karena masih beberapa bagian yang harus diperbaiki.

"Untuk Idul Adha Brebes - Gringsing kami tutup nggak bisa dilalui. Namun empat flyover udah 100 persen selesai jadi bisa digunakan dengan aman.Truk sumbu tiga di jakarta Cikampek yang makan lajur jalan, dihentikan semua pada H - 2 sampai H + 1. Mudah-mudahan bisa bantu sedikit," ujar Basuki.

Budi Karya menambahkan keamanan pemudik adalah prioritas layanan.

"Kami upayakan jaminan keselamatan lebih detil kita akan cek dan pengamanan. Apalagi titik kritis di Brexit karena jalannya Gringsing nggak dioperasikan," ujar Budi.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kapolri, Menteri, dan Para Kapolda Bahas Persiapan Idul Adha"

Posting Komentar