Ketika Jokowi Ungkapkan 'Rahasianya' dengan Ruth Sang Paskibraka

Ketika Jokowi Ungkapkan 'Rahasianya' dengan Ruth Sang Paskibraka

Suara.com - Ada banyak hal menarik dalam rangkaian momen HUT ke-72 RI tahun ini. Setelah rangkaian acara di DPR/MPR, upacara pengibaran Bendera Pusaka Merah Putih di Istana Merdeka yang penuh dengan warna-warni pakaian adat Nusantara, kali ini muncul lagi kisah "rahasia Presiden Joko Widodo dan Ruth sang pembawa bendera pusaka".

Adalah Presiden Jokowi sendiri yang mengungkapkan "rahasia" itu kepada khalayak luas. Rahasia apakah itu, dan siapakah Ruth?

"Sebenarnya kejadian ini tak seorang pun yang tahu di luar saya dan Ruth. Ya, hanya saya dan Ruth Cheline Eglesya Purba, pembawa baki Bendera Merah Putih saat upacara Penurunan Bendera 17 Agustus, Kamis sore lalu." tulis Jokowi di akun resminya di Facebook, Sabtu (19/8/2017) pagi.

"Ketika sang pembawa baki dengan bendera terlipat di atasnya melangkah berderap lewat undakan tangga dan mengangsurkannya ke hadapan saya, saya benar-benar lupa: yang harus diangkat bakinya atau hanya kain bendera di atasnya," tulisnya lagi di postingan itu.

"Baki kuningnya sudah saya pegang. Untunglah, Ruth begitu dekat dan saya berbisik. 'Ruth, ini yang diambil bendera atau bakinya?'" sambung Jokowi dalam tulisannya.

"Ruth balas berbisik, 'Bapak, hanya benderanya saja.' Ya, sudah. Untung bisikan saya tidak ada yang dengar. Pak Wakil Presiden Jusuf Kalla yang berdiri dekat saya pun tidak mendengarnya," tulis Jokowi lagi.

"Mengapa saya sampai lupa? Karena tidak ikut gladi upacara penurunan bendera. Tapi, Alhamdulillah, upacara berjalan dengan baik," tulisnya mengakhiri postingan itu.

Kontan, postingan Jokowi ini mendapat reaksi luas dari netizen. Postingan itu pun segera menjadi viral, yang hingga tulisan ini dibuat sudah mendapatkan lebih dari 218 ribu tan da like, serta dibagikan lebih dari 20 ribu kali.

Ada pula puluhan ribu komentar yang menghiasi postingan tersebut, yang sebagian besar isinya justru menyampaikan pujian atau ungkapan bangga pada Jokowi. Rata-rata juga diiringi dengan doa kebaikan bagi Presiden RI tersebut.

"Bangga bangat punya bapak Presiden yg jujur, semoga bapak dan keluarga selalu sehat, dan dijauhkan dari hal yg buruk, Trimakasih pak Jokowi," tulis pemilik akun Denri Simaremare.

"Bapak Jokowi ...jujur banget ...hehehe Salut pak ....," tulis pemilik akun Andi Nuryani pula.

"Merinding sya bca nya.. semangat pak presiden," tulis akun Fitry Chie CeuEg ImOedz menambahkan.

"Kesempurnaan hanya ALLAH yang punya. Salut ama Bapak yg brani bertanya," komentar Sayekti Eti.

"Saya kok ga percaya kalau Bapak lupa. secara Bapak penuh dengan kode kode. Pasti Bapak membaca ke grogian Ruth dan berusaha menenangkan. Siapa yg tidak tersanjung, diajak bisik bisik sama Presiden. Salam hormat dari Surabaya, Pak. Sehat terus, terjaga dari hal negatif da n sukses memimpin Indonesia 2 periode. Merdeka!" tulis Lelia Nuraini.

"My presiden yg lucu dan smart heheh love you Bp jokowi for 2 periode yaa and GBU," komentar Yohanes Umbu Sangaji.

"Berbangga hati kami memiliki president yg rendah hati. tanpa merasa malu n gengsi, beliau mengutarakan hal itu.... smga allah swt sllu melindungi bpk presiden sekeluarga. amin," tulis Rannia Putri Yassin.

"Waduhhh... bpa lucu. jd pd tau kn. :-D semangat trs ya pa.. orng baik psti byk musuh'y.. smoga bpa slalu d'lindungi allah swt. aamiin," ungkap Putri Masitoh.

"Ini yang yang suka dari Pak Jokowi. Stlh 2 hari dari kejadian Bapak akhirnya mengakui di depan publik apa yg sesungguhnya terjadi. Pas kejadian ini saya gak liat tipi, tapi pasti kejadian ini melekat di ingatan adek Ruth. Pak Jokowi memang lucu, unyu2 and that's why i love you full pak... heheheee," tulis Roulina Saragi.

"Wkwkwkwk bapak saya ngakak... salut dengan sifat yg bapak miliki. tidak gengsi, love my presiden," ungkap akun Tety Ratna Meindhani.

"Luar biasa bpk seorang presiden saja berani mengakui kekurangan...lah saya yang hanya tukang ojek susah mau mengakui kelemahan saya...I love presidenku...," tulis Louyz Atha Moni pula.

"Itu lah pepatah orang tua mengatakan, malu bertanya sesat di jalan, dan presiden telah melakukan nya, luar biasa pak presiden ku, engkau tidak memandang siapa di hadapan mu, apa bila engkau tidak tau,lalu engkau tidak sok tau... Subhanallah, bapak org yg sangat bijaksana.... Merdekaaa," tulis Surya Batara.

Sebenarnya, kisah "rahasia" ini sendiri pertama kalinya bukan di media sosial tersebut diungkapkan oleh Jokowi. Dalam acara silaturahim dengan personel Paskibraka dan sejumlah sosok teladan se-Indonesia di Istana pada Jumat (18/8), Jokowi pun sudah sempat mengutarakan hal itu.

"Saya kan nggak pakai gladi, yang saya lihat gladi pagi, yang sore saya tidak ingat," kata Presiden dalam acara silaturahim dengan Paskibraka dan Teladan Nasional 2017 di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/8).

"Saya sudah sempat ambil sama bakinya, tapi kemudian saya ganti, tidak ada yang tahu kan," katanya, sembari kemudian menanyakan kepada hadirin apakah ada yang tahu jika dia sempat berbisik kepada petugas pembawa bendera itu.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketika Jokowi Ungkapkan 'Rahasianya' dengan Ruth Sang Paskibraka"

Posting Komentar