Jadi Khatib Salat Idul Adha, Ketua Umum PPP Beri Resep Tangkal Hoax

Jadi Khatib Salat Idul Adha, Ketua Umum PPP Beri Resep Tangkal Hoax


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -Hari raya Idul Adha digunakan oleh Ketua umum PPP, M Romahurmuziy atau Romi untuk berbagi hewan kurban dibeberapa wilayah di Jawa Tengah dan Yogyakarta. 

Di Alun-alun Kebumen, Romi bahkan menjadi Khatib Salat Idul Adha.

Dalam khotbahnya, Romi kembali mengingatkan akam bahayanya berita berita hoax yang kerap ditemukan di media sosial.

Menurutnya, isu sensitif seperti SARA,  sengaja diviralkan di media sosial (medsos) untuk menggangu kedamaian dan kebhinekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca: Tunaikan Ibadah Haji, Ini Foto Anies Baswedan Setelah Lakukan Tahallul

"Isu sensitif yang  sering disebar dan diviralkan oleh oknum tidak bertanggung jawab adalah isu Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA), tidak lain adalah untuk mempengaruhi opini publik. Hoax sering kali dimanfaatkan kelompok radikal dan kelompok tidak bertanggung jawab untuk memprovokasi yang merusak kedamaian dan kebhinekaan NKRI," papar Ketum PPP M Romahurmuziy di depan ribuan jamaah sholat Idul Adha di Alun-alun Kebumen, Jumat (1/9/2017).

Romi menegaskan, hoax jika dibiarkan akan menjadi ancaman nyata bagi dinamika ekonomi dan politik yang berpotensi menimbulkan kegaduhan besar.

Sehingga menciptakan rasa tidak aman pada masyarakat, dan pada gilirannya mengganggu iklim investasi.

"Berita hoax harus dilawan untuk menjaga kebhinekaan dan kedaulatan NKRI," tegasnya.

Romi juga menambahkan, dengan memberi resep untuk menangkal berita palsu atau hoax tersebut, yaitu dengan cara tabayun atau klarifikasi, menghidupkan nalar, memvalidasi secara masuk akal sehat dalam konteks ajaran Islam dari setiap informasi yang diterima.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jadi Khatib Salat Idul Adha, Ketua Umum PPP Beri Resep Tangkal Hoax"

Posting Komentar