Jokowi Kurban Sapi di Kampung Aher, Sukabumi

Jokowi Kurban Sapi di Kampung Aher, Sukabumi


KOTA SUKABUMI - Hari Raya Idul Adha atau disebut juga Lebaran Haji 1438 H ini menjadi istimewa khususnya bagi warga Sukabumi.

Orang nomor satu Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berlebaran di Kota Mochi yang juga menjadi kampung halaman Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher).

Ribuan masyarakat Kota Sukabumi berbondong-bondong datang ke Lapang Merdeka, Jl. Perintis Kemerdekaan Kota Sukabumi, pada Jumat pagi (1/9/17) untuk melaksanakan Shalat Iduladha sekaligus bersilaturahim bersama Jokowi dan Aher.

Bertindak sebagai Imam Shalat Id yaitu Imam Masjid Agung Kota Sukabumi sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren Jamiatul Quro Cikondang, Kabupaten Sukabumi, KH. Mahfud Ghozali. Sementara khutbah disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sukabumi, KH. Deddy Ismatullah.

"Ti leuleutik Lebaran di Sukabumi wae (dari kecil saya sudah Lebaran di Sukabumi). Pulang kampung ya," ujar Aher usai Shalat Id.

"Alhamdulillah kita senang ya. Lebih senang lagi karena memang Pak Presiden datang ke sini. Saya kemarin bilang (kepada Presiden) Bapak ke kampung halaman saya. Dia (Presiden) kaget juga kalau saya dari Sukabumi. Alhamdulillah!" lanjutnya.

Aher pun memaknai Iduladha sebagai momentum bagi masyarakat, khususnya generasi muda agar bisa meneladani Keluarga Nabi Ibrahim AS dan Siti Hajar, juga sosok Nabi Ismail AS. Keluarga Ibrahim kata Aher, menjadi keluarga dengan pola ketahanan keluarga yang kokoh dan sangat baik, sehingga ada keharmonisan antara keluarga dan anak.

"Kemudian mampu menghadirkan pendidikan anak yang sangat baik. Dan hasil generasi yang dididik, yaitu Ismail Alaihissalam yang siap berkorban untuk kepentingan masa depan yang lebih baik," tutur Aher.

Sementara itu, dalam khutbahnya yang berjudul "Dengan Hikmah Ibadah Qurban, Kita Jadikan Revolusi Mental untuk Membangun NKRI", KH. Deddy Ismatullah menjelaskan bahwa sejarah pengorbanan dalam peristiwa disembelihnya Nabi Ismail oleh ayahnya Nabi Ibrahim adalah kerelaan untuk berkorban yang menjadi esensi dari Ibadah Qurban. Nilai-nilai tersebut terimplementasi dengan baik oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Menurut Deddy, sikap rela berkorban ini merupakan salah satu prinsip keberimanan yang muncul dari sisi spiritual demi sebuah tujuan tertinggi.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jokowi Kurban Sapi di Kampung Aher, Sukabumi"

Posting Komentar