Viral Video Mobil Terbakar di Bekasi, Benar Dipicu Charger HP?

Viral Video Mobil Terbakar di Bekasi, Benar Dipicu Charger HP?

Suara.com - Video yang menggambarkan sebuah mobil terbakar di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat beredar luas di media sosial. Dalam video yang diunggah ke YouTube itu terlihat sebuah mobil berwarna biru sedang dilalap si jago merah di dalam sebuah garasi.

Dalam video itu, sang penggunggah rekaman, menulis bahwa mobil yang terbakar itu adalah jenis Honda Brio. Ia menduga mobil terbakar karena dipicu oleh api dari perangkat charger telepon seluler di dalam mobil.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Suara.com dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, peristiwa itu terjadi pada Jumat (1/9/2017) di Perumahan Grand Wisata, Bekasi Timur.

Meski demikian, pihak Damkar sendiri belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

"Kami belum tahu penyebabnya," kata petugas Damkar bernama Peri, yang dihubungi Suara.com via telepon pad a Sabtu (2/9/2017).

Tetapi bisa kah sebuah charger ponsel memicu kebakaran ketika digunakan di dalam mobil?

Kebakaran mobil akibat ponsel yang sedang diisi ulang memang jarang, tetapi bukan berarti tak ada. Pada September 2016 lalu, sebuah mobil di St. Lucie, Florida, AS. Menurut pemilik mobil, kebakaran disebabkan karena api yang muncul dari ponsel yang sedang diisi ulang.

Ponsel yang jadi biang kerok itu sendiri adalah sebuah Samsung Galaxy Note 7, yang memang dikenal memiliki cacat produksi. Ponsel ini ditarik pada akhir tahun lalu dari pasaran karena memang mudah panas dan terbakar.

Tetapi selain Galaxy Note 7, ada juga kasus yang melibatkan ponsel merek lain. Penyebabnya adalah karena pengguna ponsel mengisi ulang ponselnya menggunakan charger palsu.

Yang berbahaya dari charger palsu ini, seperti dilansir BBC,  adalah karena komponen atau material yang digunakan untuk membuatnya tak sesuai dengan standard pabrikan, sehingga sering kali mudah panas dan terbakar.

Pabrikan-pabrikan ponsel sendiri sudah sering memperingatkan para pelanggannya untuk tak menggunakan charger palsu, agar ponselnya tak mudah rusak dan terbakar.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Viral Video Mobil Terbakar di Bekasi, Benar Dipicu Charger HP?"

Posting Komentar