Gulai Daun Singkong Tanpa Santan, Amboy Rasanya

Gulai Daun Singkong Tanpa Santan, Amboy Rasanya

Suara.com - Makanan bersantan selalu menjadi favorit masyarakat Indonesia. Namun, Anda pasti tahu betul jika santan baiknya selalu dihindari karena berisiko memancing berbagai jenis penyakit seperti gangguan pencernaan, meningkatkan kadar kolesterol dan bahkan mengundang penyakit yang berkaitan dengan masalah jantung.

Eits, sekarang ada inovasi baru dalam mengolah makanan bersantan seperti misalnya, gulai daun singkong.

Dalam resep yang diberikan Chef Yuda Bustara, santan diganti dengan FiberCreme, sebuah bahan yang tinggi serat pangan dan dipercaya mampu membantu memastikan kecukupan asupan serat. Apa saja komposisinya?

Bahan-bahan:

1 ikat daun singkong
50 gram teri Medan
5-6 bawang merah
4 bawang putih
kunyit secukupnya
Cabai merah besar secukupnya
3 cabai rawit atai sesuai selera
3 cm lengkuas, geprek
1 daun serai, geprek
3 daun salam
3 daun jeruk
150 ml air
7 sendok makan FiberCreme
Minyak secukupnya untuk menumis
Garam dan Merica secukupnya

Cara membuat:

Pertama, rebus daun singkong yang sudah dipetik dalam air mendidih selama kurang lebih 15 menit, angkat dan tiriskan, lalu potong-potong. Kedua, tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit dan cabai merah besar. Jika sudah mengeluarkan aroma, masukkan daun salam, serai, daun jeruk dan tambahkan air secukupnya.

Ketiga, masukkan daun singkong, teri Medan dan campuran air FiberCreme, beri bumbu garam dan merica. Masukkan cabai rawit dan tunggu sekitar 15-20 menit atau hingga daun singkong terasa empuk. Sajikan.

Meski tanpa santan, gulai daun singkong akan terasa sangat gurih dan creamy juga tentu saja lebih sehat untuk dikonsumsi.

"FiberCreme adalah salah satu bahan makanan kombinasi dari serat dan krim. Serat punya efek yang sangat baik," ungkap Direktur PT Lautan Natural Krimerindo, produsen FiberCreme, Hendrik Gunawan.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gulai Daun Singkong Tanpa Santan, Amboy Rasanya"

Posting Komentar