Pertamina EP Cepu Kini Jadi Operator Tunggal Lapangan Jambaran Tiung Biru Gresik

Pertamina EP Cepu Kini Jadi Operator Tunggal Lapangan Jambaran Tiung Biru Gresik


Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Pertamina EP Cepu (PEPC), kini menjadi operator satu-satunya lapangan gas bumi Jambaran Tiung Biru (JTB) di Gresik, Jawa Timur, setelah Exxon Mobil melepas seluruh kepemilikan sahamnya kepada PEPC.

"Akhirnya Exxon mau melepas tawaran Pertamina, akhirnya Jimbaran Tiung Biru 100 persen punya Pertamina," kata Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar, Selasa (8/8/2017). 

Peralihan kepemilikan saham lapangan gas bumi ini dilakukan melalui mekanisme bussines to bussines (b to b) di mana PEPC membeli 45 persen saham ExxonMobil.

Perginya ExxonMobil dari lapangan gas bumi itu menurut Arcandra Tahar karena Exxon merasa tidak cocok dengan harga jual gas Jambaran Tiung Biru sebesar 7,6 dolar Amerika per mmbtu.

Baca: Lewat Head Of Agreement, PLN Sepakat Beli Gas Jambaran Tiung Biru ke Pertamina

"Exxon lihat ini proyek nasional. Dengan senang hati mereka mau mengalihkan sahamnya pada PEPC. Ini semua usaha tidak gampang yang pada akhirnya Exxon mau menerima Pertamina 100 persen sebagai operator," papar Arcandra.

Dengan harga 7,6 dolar Amerika Serikat per mmbtu, PLN dapat membeli gas di lapangan tersebut untuk pembangkit listrik.

Baca: Makam MA, Korban Aksi Pembakaran Massa di Bekasi Akan Dibongkar

Mengenai besaran nilai akuisisi saham tersebut Arcandra enggan membeberkan besarannya.

"Ini harga sudah sepakat tapi tidak bisa diucapkan berapa (biayanya). Kapan akan tandatangannya penyerahan ke Exxon, nanti Pertamina yang akan jawab," ungkap Arcandra.

Ke depannya Pertamina akan segera memasang tambahan pipa gas untuk mengalirkan gas tidak hanya untuk kebutuhan rumah tangga tapi juga kebutuhan industri.

قالب وردپرس

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pertamina EP Cepu Kini Jadi Operator Tunggal Lapangan Jambaran Tiung Biru Gresik"

Posting Komentar